Lancang Kuning

Plt Sekda Tinjau Kegiatan Operasi Katarak Geratis di RSUD Bagansiapiapi

Plt Sekda Rohil H Srya Arfan Msi, didampingi Anggota DPRD Riau, Siswadi dan Anggota DPRD Rohil, Syarifudin.

BAGANSIAPIAPI, Wawasanriau.com - Plt Sekdakab Rohil H. Surya Arfan hadir dalam meakukan peninjauan terhadap sejumlah 359 masyarakat kurang mampu di Kabupaten Rokan Hilir, Riau melakukan operasi katarak gratis yang di gelar oleh Lions Club Medan di RSUD dr Pratomo Bagansiapiapi, Sabtu (19/9).

Kegiatan bakti sosial ini juga turut dihadiri Plt Sekdakab Rohil H. Surya Arfan, Asisten III H. Ali Asfar, Anggota DPRD Riau Siswaja Muljadi, Anggota DPRD Rohil Ucok Mukhtar dan sejumlah pejabat Rohil lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Plt Sekda Rohil H. Surya Arfan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Lions Club Medan yang telah melakukan operasi katarak untuk masyarakat Kabupaten Rokan Hilir. "Inisiatif ini berawal dari salah satu anggota DPRD Riau Siswaja Muljadi, dimana pada pelaksanaan Ritual Bakar Tongkang di Bagansiapiapi lalu ia bertemu dengan Lions Club, pertemuan itu ternyata membuahkan hasil dan hari ini mereka (Lion Club) merealisasikan niat itu," kata Surya.

Ia menegaskan, Lions Club Medan datang ke Rohil ini dengan membawa 22 orang dengan lima orang dokter spesialis mata ditambah perawat dan mereka sebagian merupakan warga asli Bagansiapiapi. "Jadi ini suatu hal yang membanggakan bagi kita ternyata anak-anak Bagan yang sekarang berada di luar daerah masih peduli dengan masyarakat Rohil," ujarnya.

Surya juga mengharapkan dan menghimbau kepada masyarakat lainnya baik itu yang berada di Jakarta, Medan, Pekanbaru maupun luar negeri bersama-sama kembali ke kampung halaman dengan memberikan sumbangsih maupun kontribusi lainnya kepada masyarakat Rohil apa yang perlu dibantu pemerintah setempat.

"Jujur saja memang Pemkab Rohil mungkin belum semua dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat karena banyaknya persoalan-persoalan yang dihadapi pemerintah daerah bersama masyarakatnya yang tentunya ada kontribusi tertentu, makanya kita mengharapkan partisipasi masyarakat Rohil diluar daerah," pinta Surya Arfan.

Dengan adanya operasi katarak ini ia mengaku prihatin ternyata banyak masyarakat Rohil menderita penyakit tersebut. "Kita mengetahui bahwa mata merupakan suatu alat vital bagi manusia karena mata adalah jendela hati yang bisa melihat semuanya," sebut dia.

Sekda juga mengajak kepada Lions Club Medan tidak hanya sekali ini saja operasi katarak yang dilakukan, namun juga mereka diharapkan rutin melakukan kegiatan bakti sosial lainnya di Rohil. "Saya pikir bukan hanya penyakit katarak dan mungkin bisa juga hal-hal lain yang bisa dilakukan, apakah itu melakukan investasi di Rohil apalagi Bagansiapiapi dahulunya penghasil ikan terbesar kedua dunia dan bagaimana kita kembangkan hal itu," ajak Surya.

Selain itu ia juga menantang Dinas Kesehatan Rohil termasuk organisasi lainnya seperti PKK, Dharma Wanita Persatuan dan Gabungan Organisasi Wanita untuk melakukan hal yang sama. "Setidaknya dengan kegiatan yang dilakukan Lions Club Medan ini bisa termotivasi kepada yang lainnya, makanya saya tantang kenapa kita tidak melakukan hal itu sementara mereka saja bisa," katanya.

Surya menyadari untuk melakukan kegiatan tersebut tentunya menggunakan dana, sementara anggaran yang ada di Pemkab Rohil terbatas dalam menghadapi persoalan-persoalan lainnya. "Disamping menggunakan dana pemerintah kita juga mungkin menggalang dana sosial, makanya kita harapkan partisipasi masyarakat seperti ini sangat diharapkan demi percepatan terhadap pelayanan kepada masyarakat," tambah dia.

Sementara itu ketua Panitia Kegiatan Siswaja Muljadi mengatakan, Operasi Katarak yang dilakukan ini murni kerjasama dari pihak swasta diluar pemerintah. Selaku anggota dewan ia terus mengusahakan potensi diluar pemerintah, karena menurutnya dalam membangun suatu daerah tidak hanya bergantung kapasitas dana dari pemerintah saja namun juga perlu menggandeng pihak swasta.

"Jadi kesempatan ini saya manfaatkan dan kita harapkan operasi yang telah dilakukan ada respon positif bagi masyarakat, bahkan Lions Club Medan juga akan berencana datang ke Rohil namun saya juga mengajak kepada pihak lainnya bisa memberikan hal yang sama untuk masyarakat," kata Anggota DPRD Riau dapil Rohil itu.

Gubernur Distrik 307-A2 Lions Club Medan Hasan Gunawan menambahkan, organisasi ini merupakan organisasi pengabdian dimana salah satu programnya adalah sosial. "Ini salah satu program sosial kita seperti yang telah dilakukan di RSUD dr Pratomo Bagansiapiapi dan pihaknya juga rutin melakukan kegiatan serupa di Medan khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Tidak hanya operasi mata katarak saja, dihari-hari besar juga melakukan sumbangsih lainnya kepada masyarakat. "Setelah di Rohil mungkin kami melanjutkan operasi katarak di Nias," tutup Hasan. (Adv/ humas)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar