Lancang Kuning

Wagubri Pimpin Apel Siaga Tagana di Kepenghuluan KMS Rohil

Peringatan HUT Tagana Ke- 15 di Kepenghuluan KMS Kecamatan Pekaitan Rohil


PEKAITAN, WAWASANRIAU.COM - Wakil Gubernur Riau, Purn Brigjen. Edy Natar Nasution pimpin Apel Siaga Taruna Tanggap Bencana (Tagana) dalam rangka memperingati HUT Tagana ke-15 Propinsi Riau dan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kepenghuluan Karya Mulyo Sari (KMS) Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Selasa (30/4/2019).

"Alhamdulillah pada hari ini kita masih dapat bersama-sama hadir ditempat acara apel siaga Tagana dan Pilar-pilar Kesejahteraan sosial dalam rangka peringatan HUT Tagana di Propinsi Riau.Pola pendekatan pembangunan kesejahteraan sosial saat ini sudah berubah dari pendekatan yang memandang masyarakat sebagai obyek menjadi pendekatan masyarakat sebagai subyek," kata WaGub Edy Nasution.

Lanjutnya, Saya merasa bangga dapat berdiri ditengah-tengah para penggiat penanggulangan bencana ini, saya sangat mengapresiasiatas pengabdian Tagana, "Selamat Ulang Tahun ke- 15 untuk anak-anakku Tagana" semoga kiprah nyata semuanya mendapat ridho dari Allah SWT," ungkapnya.

Edy Natar Nasutian lebih jauh mengungkapkan "Turn Back To Community" dengan memperbanyak sahabat Tagana dinilainya sangat strategis, bila setiap tagana yang sekarang berjumlah 834 personil mempunyai 5 orang sahabat Tagana maka akan ada 4.170 sahabat Tagana yang peduli terhadap bencana.

"Saya minta kepada seluruh Dinas Sosial dan Tagana tingkat Kabupaten se- Propinsi Riau agar mendukung dan meneruskan program Sahabat Tagana ini," pintanya.

Ia juga menyampaikan bahwa pada Tahun 2019 ini, Kementerian Sosial RI mempunyai beberapa rencana strategis dalam penanggulangan bencana diantaranya Peningkatan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana alam dengan penyediaan sarana dan prasarana logistik, pelatihan bagi Tagana mud, fasilitasi pembentukan Kampung Siaga Bencana dan fasilitasiTagana Masuk Sekolah. Selain itu juga berkaitan dengan penyaluran bantuan pemenuhan kebutuhan dasar untuk konban bencana alam serta penyelenggaraan  pemulihan dan penguatan sosial korban bencana alam pasca bencana.

Acara Apel Siaga Tagana juga di hadiri Bupati Rohil, H Suyatno yang sekaligus mengukuhkan pengurus Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kepenghuluan Karya Mulyo Sari, perwakilan Kemensos, Forkompinda Rohil, Kepala OPD Rohil, Para Camat Se-Rohil, Babinsa, Polsek, serta, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, OKP serta para relawan Tagana. (Irwan)   

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar