Lancang Kuning

Puskesmas Bagan Batu Rohil Terima Kunjungan Kaji Banding PKM Tambusai

Puskesmas Bagan Batu Rohil saat mendapat kunjungan dari Puskesmas Tambusai Utara Rohul

BAGAN BATU, WAWASANRIAU.COM - Puskesmas Bagan Batu Kabupten Rokan Hilir Propinsi Riau mendapat kunjungan dari Puskesmas Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. Kunjungan tersebut bertujuan untuk uji banding karena keberhasilan Puskesmas Bagan Batu memperoleh Akreditasi tingkat Utama pada Tahun 2018 lalu.

"Dari 15 puskesmas yang terakreditasi satu diantaranya mendapatkan akreditasi Utama yakni Puskesmas Bagan Batu. Karena mendapat akreditasi utama, maka mereka mendapat lirikan dari puskesmas lain untuk melakukan study banding baik dari dalam maupun luar daerah," kata Kadis Kesehatan Rohil Dahniar, MKes melalui Sekretasisnya, Ahmad Yusuf, SH, Jumat (26/4/2019) di Bagansiapiapi.

Lanjut Ahmad Yusuf, kemarin pada 24 April puskesmas Bagan Batu mendapat kunjungan rombongan dari puskesmas Tambusai Utara Rokan Hulu untuk melakukan uji banding. Mereka ingin mempelajari bagaimana keberhasilan puskesmas Bagan Batu memperoleh akreditasi utama sedangkan bangunan fisik puskesmasnya saja dibangun pada Tahun 1984, alhamdulillah mereka senang dengan apa yang disampaikan pihak puskesmas dan Dinas Kesehatan Rohil," terang A. Yusuf.

Lebih jauh dijelaskannya, bahwa penilaian akreditasi puskesmas itu bukan hanya pada fisik bangunan saja tapi bagaimana manajemen yang dijalankan, bagaimana integrasi antara administrasi manajemen, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), Upaya Kesehatan Perorangan atau Pelayanan Kesehatan standart pada masyarakat dapat berjalan dengan baik.

"Tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi," ungkapnya.

Ahmad Yusuf juga menyampaikan bahwa Puskesmas Bagan Batu akan jadi Role Model, karena hanya ada 3 puskesmas di Riau yang mendapatkan akreditasi Utama diantaranya di Pekan Baru, Dumai dan Rohil di Bagan Batu.

"Kita berharap sesuai dengan rencana pada tahun 2020, fisik puskesmas Bagan Batu dapat dibangun oleh pemerintah baik melalui APBD Rohil, Bankeu ataupun dari DAK. Karena Puskesmas Bagan Batu akan jadi Role Model dan kedepannya puskesmas ini diharapkan dapat mencapai tingkat paripurna," harapnya. (Irwan)

 

 

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar