Bupati Suyatno Panen Raya Jagung Hibrida di Sinaboi

Selasa, 15 September 2015 | 17:28:00 WIB
Bupati Suyatno Panen Raya Jagung Hibrida di Sinaboii Foto: Bupati Rohil H suyatno panen raya jagung dua tongkol di Desa Darusalam Sinaboi
SINABOI,Wawasanriau.com - Bupati Rohil H Suyatno panen raya jagung hibrida di Desa Darusalam Kecamatan Sinaboi. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka pencapaian produksi jagung kerjasama dengan TNI AD.
 
Kecamatan Sinaboi merupakan salah satu Daerah yang memiliki potensi dibidang pertanian. Hal itu dibuktikan dengan suburnya Tumbuhan cocok tanam jenis Jagung, Padi dan Palawija. Bupati sendiri turut meyakini.
 
"Darusalam cocok di jadikan lumbung pertanian pangan. Ini harus di pertahankan dan saya berharap para petani tidak melakukan alih fungsi lahan dari palawija ke tanaman keras seperti Sawit,"ujar Suyatno saat acara Panen raya, Sabtu (15/915).
 
Didasari hal tersebut sangat beralasan jika wilayah Sinaboi dijadikan Daerah lumbung pertanian pangan dan Perkembangan pertanian.
 
Terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Rohil, Ir Muslim mengatakan panen raya jagung yang dilakukan di Darusalam dalam rangka memberika motifasi kepada para petani agar tidak mengalihfungsikan ke peruntukan lain. 
 
"Lahan yang ada sekarang tidak putus peruntukanya untuk jagung dan padi saja tapi juga harus ada tanaman lain seperti palawija," kata Muslim. 


Tambahnya, untuk lebih mengoptimalkan para petani denganlebih bersemangat lagi, Pemerintah memberikan bantuan alat berupa Hentraktor, Konsler, Henspayer sebanyak 10 unit. 

 
"Harapan kita Sinaboi menjadi lahan pertanian dan menjadi lumbung pertanian terbesar di Rokan Hilir satu saat nanti. Apalagi di Sinaboi khususnya di Darusalam berdasarkan dara 2013 masih terdapat sebanyak 2.040 hektar lahan yang belum di fungsikan," kata Muslim. (zmi)
Tulis Komentar