Lancang Kuning

Tour de Siak Ditunda Akibat Kabut Asap, Kebijakan Bupati Syamsuar Dinilai Tepat

Ketua TP PKK Kabupaten Siak Ibu Hj. Misnarni Syamsuar dengan Wakil Ketua Hj Rasyidah Alfedri foto bersama dengan peserta Fun bike Tour de Siak 2014

SIAK SRI INDRAPURA, Wawasanriau.com - Kebijakan Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi menunda pelaksanaan Tour de Siak (TdS) tahun 2015 akibat bencana kabut asap yang melanda Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Siak, mendapat apresiasi dari masyarakat.

Ketua DPRD Siak Indra Gunawan menilai, langkah yang dilakukan Bupati Siak sangat tepat. Karena kondisi kabut asap yang semakin pekat dan udara sudah masuk kategori berbahaya, maka sudah sepantasnya pelaksanaan Tour de Siak tahun ini ditunda.

"Keputusan yang diambil Bupati Siak dengan menunda pelaksanaan TdS sudah tepat. Apalagi, mulai hari ini Provinsi Riau melalui Plt Gubri sudah menyatakan Riau darurat bencana kabut asap," ujar Indra Wartawan, Senin (14/9/2015).

Hal senada juga disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Siak Zainul Arifin dan Kapolres Siak AKBP Ino Harianto yang dihubungi secara terpisah.

"Saya masih di Jakarta, mau ke Pekanbaru, penerbangan tak ada, bandara SSK II masih lumpuh. Keputusan Pak Bupati menunda TdS, itu langkah yang bijaksana," kata Zainul.

Kapolres Ino Harianto mendukung sepenuhnya kebijakan Bupati Siak untuk menunda pelaksanaan TdS. Menurutnya, kebijakan itu sangat tepat karena kondisi udara semakin berbahaya akibat kabut asap yang semakin pekat melanda Kabupaten Siak.

"Kita dukung sepenuhnya langkah yang diambil Pak Bupati. Beliau pasti sudah memikirkan dan berkoorsinasi dengan pihak terkait lainnya sebelum mengambil kebijakan itu. Apalagi, peserta TdS banyak pebalap dari luar negeri. Kalau kondisi seperti ini, siapa yang mau bersepeda, sekarang ini Riau sudah darurat bencana kabut asap," jelas Kapolres.

Terkait jumlah titik api, Ino memastikan tidak ada ditemukan titik api sampai sore ini di Kabupaten Siak."Titik api nihil, ini murni kabut asap kiriman dari Jambi dan Sumatera Selatan," pungkasnya.

"Kita dukung kalau TdS ditunda, anak-anak diliburkan sekolah karena kabut asap, kalau TdS tetap dilanjutkan, gimana tu. Baguslah, kalau Pak Bupati menunda TdS ini," kata Weni, salah seorang warga Siak.(grc)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar