Lancang Kuning

Diskes Rohil Rutin Kirimkan Data ISPA ke Provinsi

Kadis Kesehatan Rohil Junaidi Saleh

BAGANSIAPIAPI, Wawasanriau.com- Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hilir secara rutin mengirimkan data perkembangan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang diakibatkan kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ke Diskes Propinsi Riau.

"Sampai saat ini data tersebut masih kita kirim secara rutin setiap harinya dan paling lambat yakni pukul 15.00 Wib. Karena itu merupakan intrusksi dari Diskes Provinsi Riau,"kata Kadiskes Rohil, HM Junaidi Saleh pada wartawan, Minggu (13/9/15) melalui sambungan seluluer.

Menurut Junaidi, bukan hanya Rohil sendiri, tapi melainkan juga kewajiban bagi seluruh Kabupaten atau Kota se Riau wajib mengirimkan data-data perkembangan penyakit ISPA dua bulan terakhir ini melalui email Diskes Provinsi Riau.

"Terhitung mulai dari bulan Juli kemaren hingga Agustus 2015, di Rohil saja tercatat sebanyak 6.377 warga yang terserang ISPA, kendati demikian penyakit tersebut masih bisa diatasi dan ditanggulangi," papar Junaidi.

Ditambahkan, pihaknya telah menerima laporan dari 17 Puskesmas dan Pustu yang ada dimana banyak warga terserang penyakit ISPA akibat Karhutla. Penderita penyakit ISPA rata-rata dari kalangan anak-anak usia 5 tahun keatas, selain itu banyak juga masyarakat mengalami penyakit Pneumonia dengan jumlah 34 orang dan batuk 2.649 orang.

"Untuk bulan Juli 2015 warga yang terserang penyakit ISPA ditemukan sebanyak 2.931 orang dan pada bulan Agustus mengalami peningkatan yakni berjumlah 3.446 orang sehingga total keseluruhan menjadi 6.377 orang," tandas Junaidi Saleh.(adv/humas)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar