Sosbud

Sempat Hilang, 12 Siswa SMK Kehutanan Ditemukan Tim BASARNAS

Poto : riauterkini

PEKANBARU - 12 Siswa SMK Kehutanan yang sempat dinyatakan hilang, akhirnya berhasil ditemukan dalan kondisi selamat. Hal itu diungkapkan Kakansar Pekanbaru, Gede Darmada, Rabu (3/4/19).

Menurutnya, begitu mendapatkan informasi hilangnya 12 siswa SMK Kehutaman, Tim Rescue Kansar Pekanbaru tiba di Lokasi pada pukul 10.15 wib, dan langsung bergabung dengan instansi lain nya untuk berkoordinasi. Setelah dilakukan pencarian, 12 siswa SMK Kehutanan di temukan dalam keadaan selamat.

"Tim SAR Gabungan yang terdiri dari BASARNAS Pekanbaru, Basarnas Jambi, Anggota TNBT, BPBD INHU dan Polres Inhu, bergerak dari base came granit pada pukul 10.15 wib, dan pada pukul 11.30 wib Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi 12 siswa SMK Kehutanan dan di bawa ke Base Came Granit Taman Nasional Bukit tiga Puluh ( TNBT). Ada dua orang yang luka ringan dan perlu di tangani oleh medis Basarnas," terang Gede Darmada.

Sebelumnya, kata Gede, sebanyak 12 orang Siswa SMK kehutanan Pekanbaru dan 1 Pendamping Polhut, tersesat di Hutan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Kabupaten Indragiri Hulu, Rabu (3/4/19). Tujuan Siswa SMK Kehutanan adalah untuk melakukan Praktek industri dengan Simulasi Patroli Perlindungan dan Pengamanan hutan di wilayah Taman Nasional Bukit tiga Puluh (TNBT). 

Petugas TNBT, Ari mengatakan bahwa sehari sebelumnya, pada Selasa (2/4/19) pukul 09.00 Wib, untuk sesuai rencana pada pukul 13.00 Wib Tim kembali ke Basecame. Namun hingga Keesokan harinya belum kembali dan tidak diketahui di mana keberadaannya.

Menurut Ari Bahwa Tim keluar jalur dari Rute yang telah di tentukan, sehingga salah jalan, tambahnya.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru (Basarnas) mendapat informasi adanya orang Hilang tersesat di Taman Nasional Bukit Tiga puluh Pada Pukul 02.05 wib tgl 3 April 2019 dini hari dari Petugas Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Ari, bahwa kejadian Pada pukul 12.00 wib siang tanggal 2 April 2019. Hingga saat ini Tim belum kembali ke Base Came. Upaya Pencarian juga sudah di lakukan oleh Tim Ranger TNBT dari waktu ke jadian hingga dini hari tadi. 

Pada pukul 02.30 wib dini hari diberangkatkan Tim Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru dengan menggunakan Peralatan Lengkap di antara nya Rescue Truk dan Alat Navrat ( Navigasi Darat). Menuju lokasi kejadian, Terang Kakansar Pekanbaru Gede Darmada. 

Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru Melakukan Rencana Operasi pada Pukul 12.30 wib dengan Metode penyisiran dari Base Came menuju Titik trek yg telah di tentukan oleh Pihak TNBT. adapun unsur yang terlibat dalam pencarian dari Tim Ranger TNBT, BPBD INHU dan Pihak Polres INHU. (rtc/H-we)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar