Lancang Kuning

Bupati Rohil Apresiasi Gubri Prioritaskan Pengembangan Wilayah

Bupati Rohil H Suyatno beramah tamah bersama Gubernur Riau H Syamsuar dalam suatu kesempatan.

BAGANSIAPIAPI - (WAWASANRIAU.COM) - Bupati Rokan Hilir, H Suyatno, AMP, mengatakan komitmen Pemprov Riau terhadap peningkatan akses jalan di daerah-daerah pesisir sangat dirasakan manfaatnya.

"Banyak sekali program-program yang kita usulkan melalui dan Provinsi Riau, salah satu hal yang menjadi skala prioritas kita dalam menggesa pembangunan daeah pesisir, terutama Rokan Hilir, ada namanya jalan lintas pesisir, jalan ini merupakan ruas jalan provinsi yang dari zaman Pak Rusli Zaenal sebagai Gubernur Riau, itu sudah merupakan komitmen kita bersama antara Pemprov Riau dengan Pemkab Rokan Hilir," tutur Suyatno, Kamis (28/03/2019).

Maka dari, Lanjut Suyatno, sebagai komitmen, telah dibangun Jembatan Pedamaran I dan II, "untuk infrastruktur lainnya berupa jalan, itu ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Riau".

Target tersambungnya jalan perbatasan Sumut-Riau yang akan menghubungkan Kecamatan Panipahan, Rokan Hilir dengan Kecamatan Kampung Rakyat, Labuhan batu dinilai akan memberi banyak manfaat bagi masyarakat sekitar.

"Kami sebagai orang Rokan Hilir sangat berterimakaih kepada Bapak Gubernur Riau, baik kepada Pak Syamsuar maupun Pak Andi Rachman maupun gubernur sebelumnya, kami menyampaikan apresiasi, karena pembangunan itu setiap tahun dianggarkan oleh pemerintah Provinsi Riau," tutur Suyatno.

Sebelumnya, Dari total panjang jalan dan jembatan 2.799 Km yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, masih terdapat 55,18 persen jalan dengan kondisi keadaan rusak berat.

"Indeks aksesibilitas rata-rata tingkat provinsi hanya sebesar 0,49 persen atau masuk dalam kategori rendah," Kata Gubernur Riau Syamsuar dalam sambutanya saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun 2020, Kamis (28/3/2019) di Pekanbaru. 

Syamsuar mengatakan, penambahan panjang jalan sangat perlu dilakukan untuk mendukung program priorotas pengembangan wilayah, "dimaksudkan untuk menunjang konektivitas ke destinasi wisata, kawasan strategis nasional dan provinsi, kawasan pesisir dan perbatasan kawasan sumber bahan baku dan industri, membuka keterisoliran seta tematik lainnya".

Tahun ini, Pemprov Riau telah mengalokasikan anggaran lebih dari Rp565 miliar untuk kegitan peningkatan serta pemeliharaan infrastruktur jalan dan jembatan di 12 kabupaten/kota setempat.

Dimana, Rp76,6 miliar di antaranya dialokasikan untuk peningkatan pemeliharaan jalan di Kabupaten Rokan Hilir.

Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Pemprov akan meningkatkan ruas jalan Mahato - Simpang Manggala sepanjang 2 Km dengan pagu dana sebesar Rp17,4 miliar, jalan Bagan Siapi-api - Teluk Piayai (Kubu) sepanjang 2,25 Km dengan pagu dana sebesar Rp9,5 miliar dan jalan Panipahan - Teluk Piayi - batas Sumut sepanjang 16,1 Km dengan pagu dana Rp39,5 miliar.

Sementara untuk kegiatan pemeliharaan, juga akan dilakukan pada ruas jalan Mahato - Simpang Manggala dengan target berkala sepanjang 0,6 Km dan rutin 20 Km. Pegu dana untuk pekerjaan ini telah dialokasikan sebesar Rp10,2 miliar.

"Saat ini sedang proses lelang," ujar Kepala Dinas PUPR Riau, Dadang Eko Purwanto. (adv/azmi) 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar