Lancang Kuning

Persiapan Lomba Kebersihan Kota Se-Riau, DLH Rohil Benahi TPA Bagansiapiapi

Kadis DLH Rohil, Suwandi, S.Sos didampingi Kabid Persampahan ABD. Rauf serta kasi persampahan Adi dilokasi TPA Bagansiapiapi



BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir lakukan pembenahan beberapa titik pantau yang masuk dalam penilaian lomba kebersihan Kota se-Propinsi Riau, salah satunya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

"Dalam rangka persiapan lomba kebersihan Kota se-Riau, kita akan benah beberapa titik pantau yang menjadi penilaian terutama TPA dimana TPA ini termasuk yang tertinggi penilaiannya," kata Kadis DLH Rohil, Suwandi, S.Sos , Rabu (20/3/2019) di Bagansiapiapi.

Lanjutnya, kita berupaya untuk membenahi sedemikian rupa TPA yang ada ini karena TPA yang baru belum dibangun. Selain TPA ada beberapa titik pantau lagi yang masuk dalam penilaian diantaranya taman kota, taman pesisir sungai Rokan, taman Budaya, hutan kota, terminal, RSUD, puskesmas, lingkungan pemukiman serta kebersihan jalan dan saluran drainase," ujarnya.

Suwandi berharap dari sekian banyak titik pantau yang harus dibenahi, pihaknya sudah saling berkoordinasi antar OPD yang ada untuk memanfatkan waktu secara maksimal melakukan pembenahan.

"Maksimalkan waktu yang ada untuk melakukan pembenahan, termasuk pembenahan taman dimasing-masing OPD, sekolah maupun permukiman masyarakat. Karena ruang terbuka hijau termasuk salah satu poin yang akan dinilai pada lomba kebersihan kota, juga fasilitas pemilahan pembuangan sampah yang sudah kami bagikan keseluruh OPD dan sekolah Adiwiyata," ungkapnya.

Menurut Suwandi, sesuai dengan amanat aturan pemerintah, yakni Peraturan Presiden tentang kebijakan dan strategi nasional yang dituangkan dalam kebijakan strategi daerah dalam pengelolaan sampah agar setiap Kabupaten /Kota wajib mengurangi sampahnya sampai tahun 2025 sebanyak 30 persen.

"Sesuai dengan harapan Bupati Rohil agar kita dapat berbuat maksimal dalam lomba kebersihan ini, karena lomba ini akan menjadi tolak ukur sebelum kita menghadapi penilaian Adipura yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2019. Adipura tahun ini agak berbeda penilaiannya dari tahun sebelumnya, karena indikator yang menjadi penilaiannya adalah implementasi dari kebijakan dan strategi daerah dalam pengelolaan sampah," pesan Suwandi.

Laporan : Irwansyah   

 

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar