Wakajati Riau Berikan Bimbingan Teknis Kejari Rohil

Kamis, 14 Maret 2019 | 21:53:15 WIB
Wakajati Riau Berikan Bimbingan Teknis Kejari Rohili Foto: Wakajati Riau poto bersama dengan Kajari Rohil dan jajaran

ROHIL - (WAWASANRIAU.COM) - Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Riau, Dr.Mia Amiati,SH,MH  lakukan kunjungan kerja  ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Rokan Hilir (Rohil), Kamis (14/03/19).

Dalam Kunjungan kerja tersebut, Wakajati didampingi Aspidum, Sofyan S, SH,MH, Koordinator Pidum, Deding W Atabai,SH,MH, Kasi Tindak Pidana Narkotika, Edy M Samosir, SH, MH dan Kasi Kamnegpidum I Wayan Sutarjana,SH. rombongan langsung di dambut Kajari Rohil Gaos Wicaksono bersama jajaran.

Wakajati menyebutkan, dalam kunungan kerja nya ke Kejari Rohil guna memberikan bimbingan teknis, pemantauan dan evaluasi penananganan perkara tindak pidana umum pada Kejari Rohil.

"Setiap penanganan perkara ada aturan-aturan maupun SOP yang harus dilaksanakan dan ditindak lanjuti, karena sistemnya bukan semata-mata menegakkan hukum secara subtansial tapi harus didasari konfrensip dan berhati nurani, "katanya.

Dengan artian lanjutnya, semua kebijakan dari pimpinan harus disesuaikan dengan kearifan lokal. sebagai contoh katanya, ada kasus pencurian, kita harus tau penyebab sesorang tersebut melakukan pencurian. apakah dia mencuri karena kelaparan, keterpaksaan atau faktor lainnya.

"Jadi ada faktor-faktor yang harus di pertimbangkan, kemudian di Rohil yang paling berat adalah kasus narkoba, dalam penuntutan narkoba itu juga ada aturan main, dimana jumlah gram nya itu sangat menentukan,"paparnya.

Pada kesempatan itu, Wakajati menyampaikan bahwa dalam penangganan tindak pidana umum, Kejati Riau berada di urutan ke 6 terbaik se-indonesia. Sementara Kejari Rohil berada di nomor 3 terbaik se-Riau.

Sementara Kajari Rohil Gaos Wicaksono menyebutkan, kunjungan Wakajati bersama Aspidum dan rombongan sangat bermanfaat bagi para Jaksa. Hal tersebut katanya, selain melakukan supervisi juga memberikan bimbingan teknis penanganan perkara pidana umum kepada para Jaksa Penuntut Umum di Kejari Rohil.

"Sehingga para jaksa diharapkan akan lebih profesional dan berintegritas dalam melaksanakan tugas sesuai dengan SOP yang ada,"pungkasnya.

Usai melakukan kunjungan ke Kejari Rohil, Wakajati juga akan melanjutkan kunjungan kerja ke Kejari Dumai.

Penulis : sagala
Editor    : Zmi

Tulis Komentar