MAN 1 Rohil Siapkan Sekolah Berwawasan Lingkungan

Senin, 11 Maret 2019 | 13:51:01 WIB
MAN 1 Rohil Siapkan Sekolah Berwawasan  Lingkungani Foto: Kepala MAN 1 Rohil saat meninjau kegiatan

Rohil (wawasanriau) --Keberhasilan MAN 1 Rokan Hilir (Rohil) sebagai sekolah Adiwiyata Tingkat kabupaten tahun 2018 lalu menjadi motivasi bagi pihak sekolah. Bahkan, tahun ini MAN 1 memiliki target untuk mendapatkan sekolah Adiwiyata tingkat propinsi Riau.

Dalam menghadapi Adiwiyata tingkat Provinsi Riau tahun 2019, MAN 1 Rohil melakukan persiapan dengan menyiapkan sekolah berwawasan lingkungan.

"Konsep yang kita usung adalah berwawasan lingkungan dengan menitik beratkan pada bersahabat dengan alam, "kata Kepala MAN 1 Rohil Rahmawati, Senin (11/3/2019).

Diambil nya tema tersebut katanya, tidak lepas dari letak geografis MAN yang berada di daerah dataran rendah, sehingga sedikit lembah dan berair.

"Bila di timbun tentu membutuhkan dana besar, untuk itu kita mencoba memanfaatkan kondisi alam dengan polesan kealamiahannya,"jelasnya. 

Selaku kepala Madrasah, Rahmawati mengharapkan partisipasi semua pihak, khususnya para guru, siswa, dan masyarakat peduli lingkungan untuk  mewujudkan MAN yang  ramah lingkungan.

Apa lagi tambahnya, pada komponen III adiwiyata adalah kegiatan berbasis Partisipatif, pada komponen ini Sekolah harus mendapat dukungan dari seluruh warga sekolah baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, penjaga sekolah, pengelola kantin, satpam, komite sekolah, masyarakat termasuk para alumni.

Untuk itu, pada komponen kegiatan partisipatif ini Rahmawati mengajak pihak sekolah dan luar sekolah untuk berpartisipatif dalam mendukung sekolah menjadi sekolah adiwiyata.

"Kedepan saya mengharapkan MAN 1 Rohil sebagai sekolah adiwiyata yang memiliki kegiatan produktif kewirausahaan, kita juga merancang kegiatan ekstrakurekuler berupa bengkel kerja siswa, yang salah satunya bidang pengelolaan daur ulang sampah baik organik maupun anorganik," pungkasnya. 

Penulis : Sagala
Editor    : zmi

Tulis Komentar