Berikan Pembinaan Netralitas Kepada Jajaran

Dandim 0321 Rohil Tegaskan Netralitas TNI Harga Mati

Dandim saat poto bersama dengan ketua KPU dan Bawaslu

Rohil (wawasanriau) --Komando Distrik Militer (Kodim) 0321 Rokan Hilir (Rohil) gelar acara pembinaan Netralitas TNI pada pelaksanaan Pemilihan Legislatif serta Pemilihan Presiden  (Pilpres) tahun 2019, Rabu (20/1/2019) Siang di aula Makodim, Bagansiapiapi. 

Dalam memberikan pembinaan netralitas yang dihadiri seluruh jajaran Kodim tersebut, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf Didik Efendi menggandeng KPU serta Bawaslu untuk memberikan pemaparan. 

Ketua KPU Rohil Kasmer Dahlan dalam paparannya menyampaikan  tentang teknis dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2019.

"Untuk saat ini, KPU Rohil fokus dalam tahapan pelaksanaan logistik pemilu, "katanya. 

Kasmer juga sangat berharap bantuan dan kerjasama antara TNI Polri dan masyarakat, sehingga pelaksanaan tahapan pemilu tahun 2019 dapat berjalan dengan lancar, sejuk dan aman.

Sementara itu, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf Didik Efendi menegaskan, netralitas wajib di junjung dan dijalankan. Bahkan netralitas TNI merupakan harga mati.

"Tadi saya sudah sampaikan kepada seluruh anggota bahwa netralitas kita TNI itu harga mati dan mutlak baik secara institusi maupun personal, "katanya. 

Secara personal lanjutnya, TNI tidak di izinkan memberikan dukungan kepada salah satu Paslon, begitu juga secara institusi yang wajib netral. 

"kalau pun toh nanti diantara para peserta pemilu ada misalnya saudara kita maupun purnawirawan, kita yang masih aktif sebagai TNI tidak dibenarkan untuk mendukung dalam bentuk apapun, "tegasnya. 

Apalagi tambahnya, memberikan fasilitas maupun sarana dan prasarana yang di miliki personal maupun satuan untuk kegiatan yang berkaitan dengan kampanye. Dan jika hal seperti itu terjadi, maka akan di tindak secara tegas. 

Penulis : Sagala
Editor    : zmi


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar