Lancang Kuning

Bupati Rohil Canangkan HPSN Dengan Berbagi Tong Sampah Dan Bibit Pohon

Kepala Dinas LH Rohil, Suwandi saat melakukan persiapan pelaksanaan HPSN Tahun 2019


BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Bupati Rokan Hilir Propinsi Riau, H Suyatno akan Canangkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang akan dilaksanakan pada hari Kamis 21 Pebruari Tahun 2019. Pencanangan tersebut diagendakan, Bupati akan memberikan bantuan tong sampah pilah dan bibit pohon kepada 27 sekolah Adiwiyata dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta penanaman 200 pohon oliana.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohil, Suwandi, S.Sos saat dikonfirmasi ditengah persiapan acara pencanangan HPSN didepan Kantor Bupati Rohil kawasan perkantoran batu enam, Bagansiapiapi, Rabu (20/2/2019).

"Pemerintah mencanangkan Hari Peduli Sampah Nasional ini berawal dari terjadinya peristiwa tragis yang disebabkan dari tempat pembuangan sampah di pulau jawa yang tergenang air sehingga menyebabkan banyak korban jiwa karena terhirup gas metana dari penguapan sampah yang terendam air," kata Suwandi.

Lanjutnya, dari kejadian itu pemerintah menetapkan pada Tanggal 21 Pebruari sebagai Hari Peduli Sampah Nasional, dan Rohil sendiri baru tahun ini baru dapat mencanangkan HPNS ini sebagai kepedulian kita terhadap lingkungan. Diagaendakan pencanangan ini dilakukan pak Bupati yang ditandai dengan pembagian bantuan tong sampah terpilah dan bibit pohon kepada 27 sekolah Adiwiyata dan seluruh OPD Rohil," terangnya.

Lebih jauh diterangkannya, bahwa bantuan yang akan diserahkan kepada sekolah Adiwiyata berupa satu tong sampah terpilah dan 10 batang bibit tanaman buah-buahan. Sedangkan kepada masing-masing OPD akan diberi satu tong sampah terpilah dan dua pohon buah-buahan. Selain itu pada hari pencanangan HPSN juga akan dilaksanakan penanaman 200 pohon oliana disepanjang jalan pesisir sepanjang 3 KM yang dimulai dari depan kantor Bupati serta gerakan memungut sampah bersama.

Suwandi menghrapkan setiap OPD, Instansi Vertikal, sekolah, Ormas, OKP yang diundang dapat membawa anggotanya masing-masing 10 orang kelokasi acara pencanangan HPSN.

"Kita akan lakukan penanaman pohon kembali di areal bahu jalan yang sudah dibersihan sepanjang 3 KM, pohon yang sudah kita siapkan 200 pohon oliana. Serta akan diadakan gerakan memungut sampah bersama. Diharap semua sekolahn dan OPD serta Ormas yang diundang dapat membawa anggotanya masing-masing 10 orang," harapnya.

Suwandi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Rohil untuk dapat mengurangi volume sampah terutama sampah rumah tangga dengan mengelola sampah produktif menjadi sumber ekonomi keluarga maupun masyarakat.

Laporan : Irwansyah

 






 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar