Kepala Dinas Trauma Lembu

DPRD Rohil Tuding Distanak Sia-siakan Anggaran Rp 9 Miliar Lebih

Hendra

BAGANSIAPIAPI, Wawasanriau.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hilir (Rohil) Komisi B menuding Dinas Perternakan Rohil tidak mampu melaksanakan kegiatan pengadaan ternak yang telah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2015 sejumlah Rp9 Miliar lebih. Sehingga, Anggaran tersebut terkesan sia sia.

Hal itu terkuak ketika Komisi B menggelar hearing bersama Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Rohil, hasilnya intansi tersebut belum menjalankan program ternak yang telah ada itu sampai saat ini memasuki bulan September.

"Memang pada saat hearing sempat terjadi kericuhan, bahkan kericuhan itu juga sudah diketahui oleh Plt Sekdakab Rohil H. Surya Arfan," kata Ketua Komisi B Hendra dikonfirmasi wartawan, Sabtu (5/9/15).

 

Trauma Kambing dan Lembu
Ia menjelaskan, program pengadaan ternak untuk masyarakat Rohil sudah dialokasikan pada APBD 2015 sebesar Rp9,232 milyar, namun Kepala Distanak Rohil Muslim mengaku tidak sanggup menjalankannya. Itu apakah Muslim trauma degan kambing dan lembu belum bisa diketahui dengan jelas.

"Dia memberikan alasan yang tidak jelas, makanya kami selaku Komisi B yang membidangi program ini memberi ketegasan kepada Kadis tersebut yang dinilai tidak pro terhadap program yang telah disusun Pemkab Rohil, apalagi program itu untuk kepentingan masyarakat Rohil," ujarnya.

Ia menegaskan, seluruh pengadaan ternak seperti sapi dan kambing hingga saat ini tidak ada satupun terealisasi dilapangan, bahkan pekerjaan fisik juga belum terlaksana.

"Kita tidak tahu apakah dia (Muslim) trauma denga lembu sehingga tidak mampu menjalankannya program demikian," bebernya.

Pihaknya juga mempertanyakan kinerja Kepala Distanak Rohil dan hendaknya pemerintah setempat kembali menata ulang serta memberikan pembinaan bagi SKPD yang tidak mampu menjalankan program yang sudah ada.

"Kalau tidak mampu menjalankan program berikan kepada yang ahlinya, dan kami juga mengharapkan kepada pak Bupati pilih dan lantiklah kepala dinas yang mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya," pesan Hendra.

Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Rohil Muslim, belum bisa dikonfirmasi sampai berita ini diterbitkan.(red/*)
 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar