Dandim 0321 Rohil, Netralitas TNI Tidak Bisa Ditawar

Senin, 11 Februari 2019 | 20:23:53 WIB
Dandim 0321 Rohil, Netralitas TNI Tidak Bisa Ditawari Foto: Dandim 0321 Rohil Letkol Inf Didik Efendi saat ngobrol santai dengan awak media

Rohil (wawasanriau) - Komandan Kodim (Dandim) 0321/Rokan Hilir (Rohil) Letkol Inf Didik Efendi SIP kembali menegaskan bahwa netralitas personil TNI merupakan sebuah ketegasan dan prinsip yang tidak bisa ditawar-tawar. 

Sebagai sosok prajurit yang menjaga kedaulatan negara, maka harus dapat memposisikan diri sebagai pengayom masyarakat yang tidak memiliki keberpihakan pada politik tertentu. Karena dikhawatirkan jika terlibat dalam politik maka dapat menimbulkan ketidakharmonisan di tengah kehidupan berbangsa bernegara. 

"Jadi kami tegaskan sekali lagi bahwa terkait dengan Pemilihan Umum (Pemilu), TNI netral," ujar Didik Efendi, Senin (11/2) di Bagansiapiapi. 

Netralitas itu menjadi komitmen sebagaimana amanat UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

Setiap prajurit dalam hal ini khususnya dilingkungan Kodim 0321/Rohil untuk dapat bersikap netral terkait dengan pemilu. Wajib berpegang teguh pada aturan. Sementara bagi yang melanggar maka ada sanksi hukum yang jelas dan akan diberlakukan. 

Sementara tugas pokok TNI berkewajiban untuk meneggakan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah dari segala ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

"Bagi yang mengetahui ada oknum prajurit terlibat dalam dukung mendukung, kami minta disampaikan tentunya jika terbukti akan diberikan sanksi," katanya.

Penulis : Sagala
Editor    : zmi

Tulis Komentar