Babinsa Koramil 01 Bangko Panen Padi Bersama Petani

Kamis, 07 Februari 2019 | 21:09:47 WIB
Babinsa Koramil 01 Bangko Panen Padi Bersama Petanii Foto: JH Pasaribu saat panen bersama petani

Rohil (wawasanriau) -Komando Distrik Militer (Kodim) 0321 Rokan Hilir (Rohil) melalui Babinsa Koramil 01 Bangko JH Pasaribu, lakukan pendampingan kepada para petani serta ikuti panen padi bersama masyarakat di Kepenghuluan Pedamaran, Kamis (7/2/2019).

Kali ini,  Babinsa Koramil JH Pasaribu, secara langsung turun bersama para petani yang tergabung dalam Poktan Maju Tani Jaya. 

Dandim 0321 Rohil Letkol Inf Didik Efendi melalui Pasiters Simson Siregar saat di konfirmasi menyebutkan, upaya khusus pendampingan pertanian  dengan petani ini merupakan bentuk nyata dari TNI melalui Babinsa terhadap para petani yang berada di kepenghuluan binaanya.

"Dengan harapan dapat terjalin hubungan yang kuat antara petani dan Babinsa sehingga program Swasembada pangan Nasional tercapai,"katanya. 

Babinsa lanjutnya, merupakan salah satu penggerak bagi para petani (pelaku utama), selain itu Babinsa bisa berperan sebagai Komunikator, Fasilitator, Advisor, Motivator, Edukator, Organisator dan Dinamisator melalui Pengawalan dan Pendampingan kegiatan UPSUS (Upaya Khusus) Peningkatan Produksi Padi dalam Pencapaian Swasembada Pangan. 

"Banyak faktor yang dapat mempengaruhi produksi, salah satu di antaranya pendampingan dan pengawalan,"jelasnya. 

Simson juga menyebutkan, dengan adanya pendampingan Pertanian dengan para petani, selain untuk mengetahu sejauh mana ketahan pangan suatu kepenghuluan, para Babinsa akan lebih menyatu dengan rakyat dan kemanunggalan TNI dengan rakyat dan para petani pun sebagai warga masyarakat merasa senang karena bisa bekerja dengan aman.

"Kehadiran Babinsa bukan sebagai penyuluh pertanian akan tetapi sebagai motivator, fasilitator, dinamisator, inovator bagi kelompok tani di lapangan. Jadi dengan adanya pendampingan dari jajaran kodim ini, sehingga dapat membantu meningkatakan kesejahteraan para petani seperti kegiatan panen padi ini,"pungkasnya.

Penulis : Sagala
Editor    : zmi

Tulis Komentar