6 Sekolah Rohil Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional Dari KLH

Jumat, 21 Desember 2018 | 23:58:42 WIB
6 Sekolah Rohil Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional Dari KLHi Foto: Enam Sekolah dari Rohil saat terima penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dari KLHK

BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia berikan piagam penghargaan kepada 279 sekolah Adiwiyata Nasional dan 117 sekolah Adiwiyata Mandiri dari seluruh Kabupaten /Kota se-Indonesia yang mengusulkan sekolah Adiwiyata Nasional dan salah satunya Kabupaten Rokan Hilir yang berhasil meraih 6 Sekolah Adiwiyata Nasional.

"6 sekolah dari Kabupaten Rokan Hilir telah berhasil mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dari 12 sekolah yang diusulkan. DLH Rohil dan Kepala sekolah yang mendapatkan penghargaan tersebut hari ini, menerima penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup pada acara Penyerahan penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri Tahun 20118 di Auditorium Gedung Manggala Sakti Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat," kata Kepala Dinas LH Rohil Suwandi S.Sos saat dikonfirmasi diruang kerjanya, di Bagansiapiapi, Jumat (21/12/2018).

Lanjutnya, untuk Kabupaten /Kota se- Riau yang menerima penghargaan sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2018 diantaranya Kota Pekan Baru ada 9 sekolah, Rohil 6 sekolah, Siak 3 sekolah, Bengkalis 2 sekolah dan Rohul 1 sekolah. Rokan Hilir terbanyak kedua setelah kota Pekan Baru," jelas Suwandi.

Adapun tujuan dari program sekolah Adiwiyata sejak digalakan oleh pemerintah pada Tahun 2006, dijelaskan Suwandi untuk menjadikan pendidikan yang berbasis lingkungan. Program sekolah Adiwiyata tersebut baru diterapkan di Rokan Hilir pada Tahun 2014.

Untuk Rohil sendiri, prestasi yang diperoleh sejak Tahun 2014-2018 memperoleh 14 sekolah Adiwiyata Nasional. "Penerapan program sekolah Adiwiyata sejak digalakkan pemerintah dari tahun 2006.

Hanya saja, Rokan Hilir baru menerapkan program tersebut pada Tahun 2014 dan telah berhasil memperoleh 14 sekolah adiwiyata nasional yakni pada tahun 2014, 2015, 2016 dan 2018 sedangkan tahun 2017 Rohil tidak mengusulkan," terangnya.

Dari prestasi yang diperoleh Rokan Hilir untuk sekolah adiwiyata nasional, tahun 2019 akan datang DLH Rohil dikatakan Suwandi menargetkan beberapa sekolah akan diusulkan menjadi sekolah adiwiyata mandirid.

"Kalau melihat dari perkembangan sekolah Adiwiyata Nasional di Rohil ini dari tahun 2014-2018, banyak sekolah-sekolah negeri maupun swasta dari tingkat SD-SMU yang sudah meraih penghargaan Adiwiyata tingkat nasional. Bahkan tahun 2019 kedepan ada satu sekolah SMP Negeri 1 Bagan Senembah sudah bisa diusulkan menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri," ungkapnya.

Suwandi berharap kepada Pemerintah Propinsi maupun pemerintah pusat dapat memberikan apresiasi yang sebanding bagi sekolah yang sudah berupaya meraih prestasi sekolah adiwiyata Nasional.

"Memang kita juga sedikit kecewa terhadap pemerintah Propinsi maupun pusat melalui kementerian LH yang tidak sebanding memberikan apresiasi kepada sekolah yang berhasil meraih prestasi sekolah adiwiyata Nasional. Ini suatu prestasi yang diraih sekolah, seharusnya apresiasinya juga sesuai dengan apa yang dikorbankan."kata dia. 

Lanjunya lagi, Dua tahun belakangan ini kita lihat untuk adiwiyata Propinsi maupun Nasional hanya diberikan piagam saja, kemarin saya mengusulkan saat bincang-bincang dengan pihak kementeriannagar kedepannya disamping piagam ada baiknya ditambahkan ada piala dan uang pembinaan atau alat yang dapat mensupport kegiatan sekolah adiwiyata seperti mesin rumput atau bio pot sebagaimana yang dilakukan Pemkab Rohil pada saat penyerahan sekolah adiwiyata Kabupaten yang diberikan Bupati Rohil Suyatno berupa piagam, piala dan alat mesin rumput dan bio pot," harapnya.

Pencanangan Rokan Hilir sebagai Kabupaten Adiwiyata, menjadikan stage holder DLH Rohil, pemangku kepentingan, sekolah di Rohil bertambah semangat.

Dengan harapan pada tahun 2021 semua sekolah baik negeri maupun sekolah swasta di Rokan Hilir menjadi sekolah adiwiyata baik Kabupaten, Propinsi maupun adiwiyata nasional.

Hal itu dapat terlihat pada Tahun 2018 banyak sekolah yang sudah melayangkan surat ke DLH Rohil minta suppot pada tahun 2019 khususnya dari Kecamatan Bangko dan Sinaboi.

Untuk itu ia mengharapkan kepada pihak perusahaan yang ada di Rohil dapat mensupport program ini agar pencanangan Rokan Hilir menjadi Kabupaten Adiwiyata dapat tercapai.

Laporan : Irwansyah

Tulis Komentar