Milad Al-Jam'iatul Washliyah Ke-88 Rohil

Suyatno Pimpin Upacara Puncak Peringatan Alwashliyah Rohil

Sabtu, 01 Desember 2018 | 23:16:53 WIB
Suyatno Pimpin Upacara Puncak Peringatan Alwashliyah Rohili Foto: Jajaran PD.Alwashliyah Kabupaten Rokan Hilir

 

BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Ketua Pengurus Daerah (PD) Alwashlyah Rokan Hilir, H Suyatno Amp pimpin upacara puncak memperingati Milad Al-Jamiatul Washliyah Ke-88 Tahun 2018 serta membagikan hadiah kepada peserta lomba azan, tahfiz, lomba sholat jenazah dan pidato tingkat anak-anak dihalaman sekolah SMK Alwashliyah Jalan Selamat Kelurahan Bagan Timur Kecamatan Bangko, Rohil, Proponsi Riau, Sabtu (1/12/2018).

Pada apel pagi, H.Suyatno dalam pidatonya pertama-tama memberikan ucapan selamat dan tahniah atas peringatan Milad ke-88 Al-Jamiatul Washliyah Tahun 2018.

"Saya selaku pribadi maupun sebagaii Ketua PD. Alwashliyah Rokan Hilir mengucapkan selamat Milad ke-88 Alwashliyah, semoga dengan peringatan milad ke-88 ini dapat menumbuhkan semangat baru dalam berkhidmat untuk umat. Untuk mempermudahkan arah pengembangan organisasi Alwashliyah, perlu kita mereview kembali sejarah dan keberadaan Alwashliyah itu sendiri," kata Suyatno.

Lanjutnya, Alwashliyah adalah organisasi Islam yang muncul dari kegiatan ilmiah sejumlah pelajar Sumatera Timur pada era Kolonial dimana sejumlah perantau Mandailing di Kota Medan yang mendirikan sebuah lembaga pendidikan Islam yang diberi nama Makhtap Islamiah Tapanuli (MIT) yang berdiri pada Tahun 1918 di Kota Medan," jelas Suyatno.

Pada pertemuan tanggal 30 Oktober 1930 yang diadakan oleh sejumlah pelajar, ulama dan masyarakat, yang mengambil keputusan penting mendirikan sebuah organisasi bernama Al-Jamiatul Washliyah yang artinya "perhimpunan yang menghubungkan atau mempertalikan". Alwashliyah bertujuan memajukan dan menunaikan tersiarnya tuntutan agama Islam untuk kebahagiaan dunia dan Akhirat.

"Sebagai organisasi yang bersifat Independen, Alwashliyah diantaranya berfungsi sebagai wadah menyalurkan aspirasi anggota dan masyarakat untuk menjalankan peran aktifnya dalam kegiatan kemaslahatan umat, sebagai wadah pembinaan dan pengembangan anggota dalam mewujudkan tujuan organisasi serta sebagai wadah memperkuat persaudaraan," ungkapnya.

Usai upacara, Ketua PD Alwashliyah yang juga sebagai Bupati Rohil, H Suyatno didampingi Sekretaris daerah H Surya Arfan serta para pengurus daerah Alwashliyah Rohil membagikan hadiah berupa tropi dan uang tunai kepada pemenang lomba azan, pidato, tahfiz ayat pendek serta lomba sholat jenazah tingkat anak-anak dan remaja.

Setelah selesai acara pembagian hadiah, kegiatan dilanjutkan dengan pawai kirab yang dipimpin langsung oleh Ketua PD Al-Washliyah Rohil, H Suyatno serta diikuti seluruh pengurus daerah, para pelajar Alwashliyah dari tingkat MDA sampai tingkat SMK serta para peserta lomba yang juara di iringi drumband dan music rebbana ibu-ibu Alwashliyah.

Laporan : Irwansyah

 

 

Tulis Komentar