Ketua DPP MOI : Organisasi MOI Bukan Profesi Jurnalistik Siapapun Boleh Gabung

Sabtu, 24 November 2018 | 11:16:42 WIB
Ketua DPP MOI : Organisasi MOI Bukan Profesi Jurnalistik Siapapun Boleh Gabungi Foto:

PEKANBARU, WAWASANRIAU.COM - Sebagai organisasi yang berbadan hukum, Media Online Indonesia (MOI) adalah organisasi media bukan organisasi profesi seperti jurnalis. Sehingga siapapun boleh bergabung termasuk dari serikat pers yang lain.

Hal itu ditegaskan Ketua DPP MOI Rudi Simbiring Meilala saat dikonfirmasi disela sela santap malam bersama dirumah makan Kampung Kecil Jalan Sudirman Pekanbaru, Jumat malam (23/11/18).

“Fakta membuktikan sekarang ini era kebangkitan pers online Indonesia. Bahkan dari sisi jumlah mencapai ribuan media. Dan sampai saat ini belum ada organisasi yang terdaftar sebagai wadah media online di Dewan Pers”, ucap Rudi membuka pembicaraan.

Ia menerangkan, barangkali bila memenuhi syarat sebagaimana dipersyaratkan Dewan Pers, MOI merupakan yang pertama mewadahi media online.

“Yang diminta oleh Dewan Pers itu ada 15 kepengurusan di tingkat Povinsi dan ada 200 anggota media online yang berbadan hukum perusahaan pers. Nah saat ini sudah beranggotakan 238 media. Saat ini kita tengah melakukan verifikasi internal”, jelasnya.

Rudi mengatakan, kalau media media tersebut nantinya memenuhi persyaratan, pihaknya berjanji akan mendaftarkan ke Dewan Pers.

Ditanya mengenai media online yang sudah terlebih dahulu mendaftar di SPS, Rudi menilai bagus. Ia mengatakan, kalau memang media online juga bergabung disana pihaknya merasa senang.

“Sebenarnya poin penting kita yaitu, harus ada media yang peduli semacam wadah. Salah satunya yah kita hadir. Dan tidak tertutup kemungkinan juga akan berdiri lagi organisasi seperti ini (MOI, red), dan itu kita sambut baik. Semakin banyak maka semakin meningkatkan kwalitas, kapasitas media online di Indonesia”, katanya.

Rudi menilai, perkembangan media online di Indonesia saat ini sangat menggembirakan. Teknologi dan SDM dewasa ini juga banyak, menjadi desainer website. Sehingga setiap kota/kabupaten kemungkinan bisa ada 5 sampai 10 media online. Dan ini menjadi kabar baik bagi pertumbuhan pers di Indonesia.

Ia pun tak memungkiri fakta bahwa masih banyak yang memandang media online sebelah mata. Bahkan ada pihak lain tak begitu gembira dengan pertumbuhan yang luar biasa ini.

“Kalau saya secara pribadi sebagai Ketua Umum MOI, kita sambut gembira kehadiran media online yang sekarang seperti jamur yang tumbuh di musim hujan”, katanya

Terkhusus Riau sebut Rudi, pada saat ini yang tergabung di MOI diatas 40 media. Dan ini adalah pertumbuhan yang luar biasa. Ia pun tak mau pertumbuhan ini nantinya mati pelan pelan akibat minim tenaga.

Rudi menilai, pengelolaan media online dari sisi SDM sangat beragam. Banyak media online yang sekarang sudah lebih bagus tentunya mereka lebih siap.

“Banyak yang mendirikan media online ini para wartawan di media media yang ada. Dan karena kemudahan teknologi sekarang maka mereka dirikan, Jadi harapan kita jangan dari muda hingga tua wartawan terus. Iya kalau bisa yah jadi pengusaha media kan gitu”, ucapnya tersenyum.

Sumber : halloriau.com

Tulis Komentar