Support Kantibmas, Warga RT 011 Bagan Timur Bagansiapiapi Pasang WiFi di Pos Kamling

Jumat, 16 November 2018 | 11:46:24 WIB
Support Kantibmas, Warga RT 011 Bagan Timur Bagansiapiapi Pasang WiFi di Pos Kamlingi Foto: Ketua RT.011 Jalan Bahagia Bagansiapiapi, Azuar bersama warganya standbaye di Pos Kamling

BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Demi mensupport peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas), warga di lingkungan Jalan Bahagia RT.011/RW.003 Kelurahan Bagan Timur Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir, Riau memfasilitasi Pos Kamling dengan jaringan WiFi dan TV Kabel. Demikian disampaikan Ketua RT.011 Bagan Timur, Azuar Hl. Lubis saat ditemui wartawan, Jumat (16/11/2018).

"Pos Kamling di RT.011 Kelurahan Bagan Timur ini dilengkapi jaringan WiFi, TV kabel serta dispenser, semua ini ada karena support dari warga sebagai upaya menggalakkan minat warga dalam menjaga kantibmas dilingkungan ini," kata Azuar.

Lanjutnya, selain disupport dengan Wifi dan TV kabel, semua kegiatan di Pos Kamling ini dilandasi dengan sistem managemen serta journal laporan setiap harinya. Sehingga setiap hari warga bisa melihat laporan kejadian apa saja yang tercatat dijournal tersebut. Sedangkan untuk petugas ronda yang sudah ditetapkan berdasarkan surat tugas yang disepakati warga akan mendapatkan uang insentif dan uang minyak setiap bulannya," jelasnya.

Petugas ronda di pos kamling yang sudah berjalan selama dua bulan tersebut dikatakan Auzar bertugas berdasarkan keinginan sendiri serta siap mengikuti peraturan yang telah disepakati dengan menandatangani surat pernyataan bermaterai dari warga. Surat perjanjian yang ditanda tangani petugas ronda tersebut tembusannya disampaikan ke pihak Kelurahan, Babhinkantibmas Polsek Bangko serta Camat.

"Petugas Pos Kamling ini sudah ada MoU nya dengan warga baik terkait sanksi maupun insentifnya, dan mereka yang jadi petugas berdasarkan keinginan sendiri bukan disuruh warga. Kemudian surat tersebut akan ditembuskan kepihak kelurahan, Babinkantibmas Polsek Bangko serta Camat," ungkapnya.

Warga yang ingin menggunakan fasilitas WiFi di Pos Kamling tersebut dikatakan Azuar, juga harus mengikuti aturan yang sudah disepakati warga sehingga tidak semua orang bisa menggunakannya kecuali bagi mereka yang sudah mendaftarkan diri serta memberikan uang administrasi seribu rupiah per harinya.

Dengan adanya WiFi di Pos Kamling tersebut diterangkannya sangat besar manfaatnya dirasakan oleh warga, karena warga yang tak miliki paket internet bisa datang ke Pos Kamling untuk melakukan komunikasi melalui medsos, baik masalah bisnis, masalah keluarga atau masalah keamanan warga sendiri melalui group masyarakat yang adminnya dipegang RT. Selain itu juga semakin erat terjalinnya silaturahmi antar warga.

"Alhamdulillah, sejak berdirinya Pos Kamling yang dilengkapi fasilitas WiFi dan dijalankan dengan sistem manajemen ini sangat besar manfaatnya dirasakan warga, bahkan bisa mengundang RT tetangga untuk bergabung. Warga merasa keamanannya terjamin, aman dan bahagia dimana sebelumnya warga merasa tidak aman karena selalu mendapat kabar ada warga yang kehilangan harta benda, selain itu hubungan silaturahmi warga semakin meningkat di Pos ini," pungkasnya.

Pantauan dilapangan, Pos Kamling yang berada dipersimpangan empat Jalan Bahagia dan Jalan Madrasah Kelurahan Bagan Timur Bagansiapiapi tersebut terlihat ramai dikunjungi warga, ada yang sedang menonton televisi, ngobrol serta ada yang sedang asyik memainkan androidnya.

Salah seorang warga RT.011 Bagan Timur, Mario yang merupakan seorang PNS tersebut saat dikonfirmasi terkait manfaat yang dirasakannya sejak berdirinya Pos Kamling dilingkungannya mengatakan bahwa dirinya merasa senang karena dapat memberikan rasa aman dan nyaman bila ia berpergian keluar kota tanpa rasa was-was untuk meninggalkan rumahnya.

"Alhamdulillah dengan adanya Pos Kamling ini dapat menciptakan rasa aman dan nyaman dihati warga, khususnya bagi warga yang selalu berpergian keluar kota bersama keluarga atau menjalankan tugas luar, tak ragu lagi meninggalkan rumah, kami bisa sampaikan ke pak RT nya jika ingin berpergian," kata Mario.

Mario berharap agar program kantibmas yang sudah berjalan di Jalan Bahagia RT.011 RW.003 Kelurahan Bagan Timur Kecamatan Bangko, Rohil ini dapat terlaksana dengan baik selamanya serta dapat meningkatkan hubungan silaturahmi antar warga setiap harinya. Sehingga bisa menjadi contoh tauladan bagi RT di daerah lainnya.

Laporan : Irwansyah

 

Tulis Komentar