Lancang Kuning

6 Sekolah di Rohil Peroleh Sertifikat Sekolah Adiwiyata Nasional Dari KLH

Bimbingan teknis pemantapan penilaian sekolah Adiwiyata di Rokan Hilir, Riau Tahun 2018

ROKAN HILIR, WAWASANRIU.COM - Dari 12 sekolah di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang diajukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil untuk mengikuti program  sekolah Adiwiyata tingkat nasional, 6 sekolah diantaranya berhasil meraih sertifikat sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Demikian disampaikan Kepala Dinas LH Rohil, Suwandi,S.Sos saat dikonfirmasi, Senin (12/11/2018) di Bagansiapiapi.

"Alhamdulillah, dari 12 sekolah Adiwiyata yang kita usulkan untuk mengikuti lomba sekolah Adiwiyata tingkat Nasional, 6 sekolah berhasil memperoleh sertifikat Sekolah Adiwiyata Nasional. Hal itu kami ketahui dari surat pemberitahuan hasil verifikasi administrasi dari Pusat Pelatihan Masyarakat Dan Pengembangan Generasi Lingkungan KLH Nomor: S.402/LATMAS/PGL/SDM.2/11/2018," kata Suwandi.

Lanjutnya, untuk penyerahan sertifikat rencananya akan dilaksanakan pada bulan Desember 2018 nanti di Kementerian Lingkungan Hidup, biasanya sekolah yang mendapatkan sertifikat diundang. Tahun ini, selain 6 sekolah memperoleh sertifikat sekolah Adiwiyata Nasional ada 5 sekolah yang memperoleh sertifikat Adiwiyata Propinsi dari mulai jenjang sekolah SD, SMP dan SMU," jelasnya.

Adapun tujuan dari program sekolah Adiwiyata sejak digalakan oleh pemerintah pada Tahun 2006, dijelaskan Suwandi untuk menjadikan pendidikan yang berbasis lingkungan. Program sekolah Adiwiyata tersebut baru diterapkan di Rokan Hilir pada Tahun 2014.

"Penerapan program sekolah Adiwiyata sejak digalakan pemerintah dari tahun 2006, Rokan Hilir baru menerapkan program tersebut pada Tahun 2014 dibeberapa sekolah dan bertujuan untuk menjadikan pendidikan yang berbasis lingkungan. Dapat memberikan contoh dan teladan bagi peserta didik bagaimana mengelola lingkungan disekolah dengan harapan akan bermuara pada pengembangan cinta lingkungan sampai kelingkungan rumah tempat tinggal, tingkat RT sampai tingkat Kepenghuluan yang disebut Proklim" ungkap Suwandi.

Sebagai OPD yang mengelola bidang lingkungan, DLH menargetkan pada tahun 2021 semua sekolah yang ada di Rokan Hilir menjadi sekolah Adiwiyata. Prestasi yang diperoleh sejak diterapkan program sekolah Adiwiyata di Rohil dari Tahun 2014-2018 sudah memperoleh 26 sekolah Adiwiyata Nasional, 41 sekolah Adiwiyata Propinsi dan 70 sekolah Adiwiyata Kabupaten. Untuk itulah Bupati Rohil mencanangkan Kabupaten Rohil menjadi Kabupaten Adiwiyata.

"Dengan prestasi yang diproleh, diharapkan pada Tahun 2021 semua sekolah di Rohil menjadi sekolah Adiwiyata. Untuk itulah DLH Rohil minta bantuan Bupati untuk mencanangkan Kabupaten Rohil menjadi Kabupaten Adiwiyata," harapnya.

Laporan : Irwansyah


 

 

 

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar