DPRD Riau Bersama Kelompok Kebun Usaha Baru Serahkan Bantuan ke Korban Banjir Pekaitan

Sabtu, 27 Oktober 2018 | 17:47:00 WIB
DPRD Riau Bersama Kelompok Kebun Usaha Baru Serahkan Bantuan ke Korban Banjir Pekaitani Foto:

PEKAITAN - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau, Siswaja Muljadi/aseng bersama kelompok Kebun Usaha Baru menyerahkan bantuan Beras 1500 Kg dan 200 galon Air minum bersih kepada korban banjir di Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Sabtu (27/10/2018) dilokasi pengungsian. 

"Jadi, bantuan ini sifatnya tanggap dadurat untuk masyarakat dipekaitan yg dimusim hujan ini  mengungsi karena banjir , ini adalah  bentuk keprihatinan kita. Sambil menunggu bantuan lain dari pemkab rohil maupun dinsos rohil "kata Politisi Gerindra ini yang juga pembina Aliansi Jurnalis Online (AJO) indonesia Kabupaten Rohil. 

Dengan bantuan tersebut diharapkan dapat cepat mengurangi beban sosial bagi para korban banjir yang saat ini sedang mengungsi dan kekurangan makanan karena tdk dapat melakukan kerja dan aktifitas sehari hari , beberapa lokasi pengungsian diantaranya dikantor kepenghuluan rokan baru dan dijalan poros kepenghuluan karya mulyosari di Kecamatan Pekaitan dan Kecamatan Bangko Pusako. 

Menurut keterangan yang dihimpun awak media, sejumlah 17 tenda pengungsian telah didirikan oleh pihak Dinas Sosial Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Selain Dinas Sosial juga telah didirikan tenda umum (tenda barak, red) oleh pihak Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohil. 

Demikian hal itu sebagai Anggota DPRD Riau, ia juga menghimbau kepada pemerintah daerah melalui dinas cipta karya agar memperhatikan jalur navigasi pembuangan air menuju  sungai rokan agar segera diperbaiki,  di bersihkan, banyak pendangkalan, sampah dan rumput liar yg menyebabkan aliran air terhambat. Ini diperparah tingginya curah hujan diberbagai wilayah disepanjang aliran sungai rokan serta pasang besar.

akibat curah hujan yang cukup deras dibarengi dengan pasang besar air laut dari sungai rokan sebagian wilayah di Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau terendam banjir. 

Dinas Sosial Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bersama Dinas Sosial Propinsi Riau menurunkan tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk melakukan pendataan dan mendirikan 17 tenda pengungsi bagi korban bencana banjir di tiga Kepenghuluan Kecamatan Pekaitan yang sudah mengungsi selama tiga hari.

"Saat ini kami sedang melakukan peninjauan dilokasi pengungsian korban banjir yang terjadi di Kepenghuluan Rokan Baru, Karya Mulyo Sari dan Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan untuk melakukan pendataan terhadap korban," kata Kepala Bidang Perlindungan dan jaminan sosial Dinas Sosial Rohil, Nurjanah, Kamis (25/10/2018) kemaren. 

Lanjutnya, Selain melakukan survey dan pendataan terhadap pengungsi, kami juga sudah menyiapkan 17 tenda keluarga untuk pengungsi. Hasil survey dan pendataan korban banjir ini akan dilaporkan ke bulog, karena bantuan beras itu tidak ada di Dinas Sosial, jadi kalau mau bantuan beras kami mengusulkan sesuai data dilapangan ke bulog," kata Nurjanah.

Nurjanah mengaku sampai saat ini jumlah korban banjir yang masuk datanya ke Dinas Sosial dari ketiga desa yang terkena musibah banjir baru sekitar 135 KK. Dari ke tiga Kepenghuluan ini dilaporkan pihak Kecamatan ke dinas adalah KK-nya. Sementara untuk mengajukan bantuan beras ke bulog itu proposalnya harus jiwa/kg.

"Saat ini data yang masuk dari laporan pihak Kecamatan ada 135 KK, sementara untuk mengajukan proposal bantuan beras ke bulog itu harus jiwa, tidak bisa KK saja sehingga belum diketahui berapa jiwa karena hitungannya jiwa/kg. Untuk itulah kami turun melakukan survey dan pendataan kembali," jelas Nurjanah.

Selai melakukan survey dan pendataan, pihak dinas sosial juga membawa perlengkapan tenda keluarga untuk para pengungsi.

"Selain melakukan pendataan jumlah korban kami juga memnyiapkan 17 unit tenda keluarga yang akan digunakan oleh para pengungsi. Satu tenda bisa digunakan satu atau dua keluarga," ungkapnya.(wan/zmi)

Tulis Komentar