Lancang Kuning

Menuju Sekolah Adiwiyata!! Forum Bank Sampah Gelar Pelatihan Berbahan Sampah

Alkahfi Sutikno,M.Pd, saat memberikan pencerahan

RIMBAMELINTANG - Forum Bank Sampah Rokan Hilir (Rohil) menyelenggarakan pelatihan pembuatan souvenir berbahan sampah, kegiatan dipusatkan dipendopo kolam renang Abang Adik Sentosa Kepenghuluan Lenggadai Hulu Kecamatan Rimba Melintang, Minggu (21/10/2018).

Kegiatan yang dibuka oleh H.Khoirul Amri,ST,M.Si, selaku Pembina Forum Bank Sampah Rohil, diikuti sejumlah 50 perserta guru - guru sekolah. Demikian diharapkan peserta ini nantinya dapat melakukan pengembangan disetiap sekolah - sekolahnya guna mencapai gelar sekolah adiwiyata se -Rohil. 

"Pelatihan pembuatan souvenir berbahan sampah ini sebagai kegiatan kreatif dan inovatif yang bertujuan untuk menjadikan sekolah atau siswa menjadi inovatif dan kreatif sehingga mereka kedepan menjadi pemuda yang terampil dan inovatif."kata Ketua Forum Bank Sampah Tomiri, didampingi Pembina For Bank Sampah Alkahfi Sutikno,M.Pd. 

Terang dia, kenapa berbahan sampah, sebab kedepan sampah akan menjadi permasalahan yang sangat serius oleh karena itu kita persiapkan generasi yang kreatif bisa mengubah sampah menjadi bernilai ekonomis.

Sebagai salah satu contoh disebutkan saat ini pihaknya menampilkan sovenir yang dibuat dari berbahan kaleng bekas kemasan oli menjadi replika mobil- mobilan dan sepeda motor.

"satu souvenir mobil-mobillan dan sepeda motor bisa dijual ratusan ribu rupiah."kata dia. 

Pantauan awak media, pelatihan selama satu hari ini diikuti peserta dengan antusias, terbukti hingga sore hari peserta masih serius mengikuti pelatihan meskipun dengan dana swadaya dari peserta masing - masing. 

"Harapan kami sebagai penyelenggara pasca pelatihan dapat dikembangkan di sekolah masing-masing dan dapat menciptakan siswa yanh kreatif serta dapat meningkatkan menjadi sekolah adiwiyata ditingkatannya,"pungkasnya. (zmi) 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar