Lancang Kuning

Kadis PUPR Kab. Rokan Hilir, Jon Syafrindow : Upayakan Peningkatan Kinerja

Bupati Rohil H Suyatno, didampingi Kabid Cipta Karya dan Jasa Konstruksi Dinas PUPR Kab. Rokan Hilir, Juwarto,ST,M.Si, dan rombongan saat meninjau SPAM regional, belum lama ini.

BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Telah terjadi perubahan yang cukup signifikan terhadap Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rokan Hilir ketika dipimpin Drs H Jon Syafrindow MSi.

Perubahan yang dimaksud berupa peningkatan kerja serta kedisiplinan pegawai dan pembenahan sarana prasarana kantor. Demikian hal itu diutarakan Kepala Bidang Cipta Karya dan Jasa Konstruksi Dinas PUPR Kab. Rokan Hilir, Juwarto,ST,M.Si, Rabu (17/10/2018).

"Tingkat kehadiran pegawai naik cukup signifikan dibandingkan sebelumnya. Prasarana kantor juga terbenahi. Ya lebih baik, "kata Juwarto. 

Lanjut dia, Drs H Jon Syafrindow, Msi, dalam setiap pertemuan dan kesempatan selalu memberikan penegasan terhadap bawahanya akan pentingnya disiplin bagi diri sendiri dalam melaksanakan pekerjaan baik perorangan dan kelompok. 

Menurutnya, disiplin banyak membawa manfaat mendidik pegawai untuk mematuhi peraturan, prosedur maupun kebijakan yang telah diterapkan, sehingga hasilnya tercipta kinerja yang baik.

Namun sebagaimana merubah paradigma lama kepada perubahan yang lebih baik, pastilah tidak dapat dilaksanakan secara instan tapi dapat dilakukan secara perlahan. 

Meskipun demikian, kata Juwarto, pihak -pihak yang tidak berkenan dengan sepak terjangnya menjadi beban berat baginya untuk melanjutkan kepemimpinannya sebagai Kepala Dinas  PUPR Rohil. Termasuk issu maju berlaga dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) nanti, sepertinya terlalu sulit untuk direalisasikan. 

“Beliau adalah sosok yang bersahaja, intelektualitas akademiknya tidak diragukan dan pengalaman menjadi pejabat publik pun sudah teruji, kebijakan pasti ada pro dan kontra tapi itu semua hal yang wajar." ujar Juwarto. 

Tambah Juwarto, salah satu contoh, adalah melihat lebih dekat progres kegiatan Sistem Penyediaan Air Minum Regional (SPAM) Dumai Rohil Bengkalis (DUROLIS) merupakan proyek strategis bagi Riau, karena memiliki kapasitas  100 liter/detik atau 400 liter/detik untuk 4 tahap ditahun ini. 

Diketahui saat ini progres kegiatan mencapai sekitar 75 persen, dengan kapasitas 1800 Sambungan Rumah diyakini akhir tahun ini selesai.

Targetnya awal 2019 ketika prasarana lain (Intake dan Instalasi Pengolahan Air) yang dibangun melalui Dana APBN dan Dana APBD Provinsi Riau selesai, masyarakat segera dapat menikmati air bersih untuk wilayah Kecamatan Tanah Putih tanjung melawan, Rimba Melintang dan Bangko Pusako.

"Semua itu terwujud dari Kerjasama tim berarti semua anggota tim bekerja bersama-sama meraih tujuan yang sama. Jika ada anggota tim yang berpangku tangan saat rekan-rekannya bekerja akan menimbulkan konflik dalam tim tersebut. Di sinilah fungsi seorang pemimpin untuk menempatkan setiap anggota sesuai dengan kapasitasnya masing-masing."pungkas Juwarto.

Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa saat ini Dinas PUPR Rohil memprioritaskan kegiatan yang memang yang betul -betul dilaksanakan sesuai azas kepentingan masyarakat banyak dan anggaran yang berbasis Kinerja. (adv/zmi)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar