Lancang Kuning

Bau Menyengat!! KADIN Rohil Tekankan Tes Labor Amdal PT BSS km 23 Balam Sempurna

Ketua Kadin (baju batik) M Rozali bersama Ketua Bidang, M Nizar

BAGANSIAPIAPI - Ketua Kamar Dagang dan Indusrti (Kadin) M Rozali S.Pi, menegaskan bahwa PT BSS, km 23 Kelurahan Balam Sempurna Kota Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terkait limbah busuk yang meresahkan masyarakat harus cepat ditanggapi dan tes labor. 

Hal itu disampaikan Ketua Kadin Rohil, melalui Ketua Bidang, M Nizar SE,MM, kepada awak media, Rabu (13/09/2018) ditemui dikota Bagansiapiapi. 

"Soal bau menyengat yang tidak sedap ditimbulkan dari limbah PT BSS, meneger PT BSS harus bertanggung jawab. Jika ditemukan kejanggalan ini bisa dipidana secara administrasi maupun hukum. Kita tidak akan tinggal diam. "kata Ketua Kadin Rohil. 

Dijelaskannya lagi, bahwa sebenarnya yang namanya limbah mestinya tidak serta merta mengeluarkan bau sebagaimana saat ini yang meresahkan warga sekitar, pastinya melalui proses yang lama di penampungan limbah. 

"Kita menduga ini akibat adanya pengawasan yang lemah dari dinas terkait juga. Dengan progres pengawasan yang tidak serius maka terjadilah hal seperti ini. Sehingga Iimbah PT BSS menimbulkan bau yang neresahkan warga. Ada apa..?
" jelasnya. 

Dalan waktu dekat, KADIN Rohil menyebutkan pihaknya sudah membuat wacana akan melakukan peninjauan langsung bersama pihak Dinas terkait untuk meninjau dan mengambil sample seterusnya melakukan uji labor.

"Sudah kita wacanakan akan turun kesana bersama Dinas untuk ninjau dan ngambil sample. Kita kan sekarang sudah ada labor,  jadi ini nanti sampel nya akan kita tes kelabor kita itu nantinya. Jika ditemukan kesalahan kita akan minta kepihak terkiat untuk ditindak tegas. "ujarnya. 

SEBELUMNYA sempat beredar pemberitaan dibeberapa media lokal bahwa limbah PT BSS km 23 meresahkan warga. Bahkan mengganggu aktifitas belajar mengajar aalah satu sekolah diwilayah setempat. 

Sangat disayangkan hal ini terjadi padahal baru baru ini Bupati Rohil melalui pidatonya pada saat laucing labor DLH menyampaikan agar dinas mengevaluasi amdal kepada seluruh pabrik PKS yang beroperasi di Rohil yang melibatkan aparat hukum. (zmi) 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar