Anggota DPRD Propinsi Riau Reses Dengan Puluhan UKM Dan IKM Rohil

Jumat, 24 Agustus 2018 | 22:54:10 WIB
Anggota DPRD Propinsi Riau Reses Dengan Puluhan UKM Dan IKM Rohili Foto: Anggota DPRD Propinsi Riau, I.r Siswaja Muljadi reses dengan pelaku UKM dan IKM di Bagansiapiapi, Rokan Hilir


Anggota DPRD Propinsi Riau Reses Dengan Puluhan UKM Dan IKM Rohil

BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Anggota DPRD Propinsi Riau daerah pemilihan Rokan Hilir (Rohil), Ir. Siswaja Muljadi melakukan reses dengan puluhan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) dari beberapa Kecamatan se- Rohil di Jalan Aman Bagansiapiapi,Jumat (24/8/2018).

Reses yang digelar di Warung Kapitan Jalan Aman No.4a Bagansiapiapi Kecamatan Bangko tersebut untuk menampung aspirasi masyarakat khususnya pelaku UKM dan IKM. Selain itu juga dilaksanakan sosialisasi pengolahan keamanan pangan industri rumah tangga dengan mendatangkan narasumber dari Dinas Kesehatan Propinsi Riau, Dinas Kesehatan Rohil serta dari Disperindag dan Pasar Rohil.

"Kali ini reses itu kita mengemasnya dengan membuat acara sosialisasi tentang pengolahan keamanan pangan industri rumah tangga dengan tujuan agar UKM dan IKM yang ada di Rohil dapat terbantu untuk berkembang," kata Siswaja Muljadi.

Lanjutnya, untuk supaya mereka bisa berkembang, ya salah satunya para UKM dan IKM itu harus punya izin edar yang memang menjadi suatu syarat dasar sehingga mereka bisa menjual barang produksinya tanpa rasa was-was atau ragu akan diperiksa oleh pihak Dinas Kesehatan. Kalau mereka tidak punya izin, mereka bisa aja disuruh menarik barang produksi yang sudah diedar di toko atau kedai, dan ini akan menjadi suatu kerugian bagi para UKM," jelasnya.

Sebagai anggota Dewan, pria yang akrab dipanggil Aseng ini lebih lanjut menyampaikan bahwa reses yang dikemas dalam bentuk sosialisasi kepada UKM ini merupakan jawaban langsung dari program yang sudah di koordinasikan dengan SKPD terkait dari Tingkat Propinsi maupun Kabupaten.

"Sebagai anggota dewan, artinya kita perwakilan masyarakat jadi berusaha menjawab apa permasalahan yang ada dimasyarakat yang salah satunya adalah para kelompok UKM dan IRT yang membutuhkan hal seperti ini sehingga mereka bisa bangkit usahanya dengan mendapatkan izin PIRT," ungkapnya.

Walau hanya di ikuti puluhan orang pelaku UKM dan IKM, namun Siswaja merasa senang karena yang mengikuti pelatihan sosialisasi pengolahan keamanan pangan industri rumah tangga ini mereka yang serius dalam mendapatkan ilmu untuk mengembangkan produksi yang lebih bagus sehingga produk yang dihasilkan bisa bersanding dengan produk luar.

Dikatakan Siswaja, reses dan sosialisasi dengan para pelaku UKM ini berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 24-25 Agustus 2018. Hari pertama reses dan sosialisasi dengan pelaku UKM dan hari kedua penyuluhan tentang  Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) dengan mendatangkan narasumber dari Dinas Kesehatan Propinsi Riau.

"Kegiatan reses ini berlangsung selama dua hari, untuk hari ini penyuluhan kepada pelaku UKM dan IKM sedangkan besok penyuluhan tentang PKRT yang memproduksi bahan-bahan kebersihan rumah tangga seperti pemutih pakaian, sabun, cairan pembersih lantai dan lainnya. Dalam hal ini kami mendatangkan narasumber dari Dinas Kesehatan Propinsi, Aidar Yetty, S.Sos, Dinas Kesehatan Kabupaten Zaimanidar Fachri, SSi,Apt serta dari Disprindag Rohil," ujar Siswaja.

Hadir pada acara Anggota DPRD Propinsi Riau, Ir. Siswaja Muljadi, Perwakilan Dinas Kesehatan Propinsi, Hj. Aida Yetty, S.Sos, perwakilan Diskes Rohil, drg. Intan Dolok Saribu, Zaimanidar Fachri, SSi, para pelaku UKM dari Kecamatan Bangko, Kecamatan Tanah Putih, Pekaitan, Bantayan, perwakilan KADIN Rohil, Ahmad Nizar serta perwakilan Disprindag Rohil.

Laporan : Irwansyah

 

 

 

 

 

Tulis Komentar