Lancang Kuning

UPT Labor Lingkungan Dan Pencanangan Rohil Menjadi Kabupaten Adiwiyata Diresmikan

Bupati Rohil, H Suyatno serahkan piagam penghargaan Adiwityata kepada 22 sekolah, 15 perusahaan dan 5 tokoh penggiat lingkungan di Rohil

 

BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Bupati Kabupaten Rokan Hilir, H. Suyatno secara bersamaan resmikan UPT Laboratorium Lingkungan dan pencanangan Rokan Hilir sebagai Kabupaten Adiwiyata.

Acara peresmian ditandai dengan menandatangani batu prasasti yang digelar dihalaman gedung UPT Laboratorium Lingkungan Jalan Kecamatan Batu 4 Kepenghuluan Bagan Punak Meranti Kecamatan Bangko, Rohil.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rokan Hilir, Suwandi, S.Sos dalam laporannya menyampaikan bahwa persiapan UPT Laboratorium Lingkungan ini sudah sejak Tahun 2008 - 2018 dengan menggunakan APBD Rohil maupun dana APBN melalui DAK dibidang lingkungan hidup. UPT Labor Lingkungan Rohil merupakan Kabupaten kedua di Propinsi Riau yang memiliki UPT Laboratotium setelah Rokan Hulu.

"UPT Laboratorium Lingkungan Rohil saat ini memiliki tenaga analis lingkungan sebanyak 4 orang yang sudah memiliki sertifikasi S1, begitu juga dengan peralatan dan perlengkapan Laboratorium Lingkungan yang dimiliki sudah sesuai dengan standart labor lingkungan yang ditentukan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," kata Suwandi.

Lanjutnya, Saat ini Laboratorium Lingkungan sudah bisa melakukan uji sample air bersih dan limbah yang merupakan kewajiban bagi pihak pengusaha sesuai dengan dokumen lingkungan yang dimilikinya. Untuk jenis parameter yang bisa diuji saat inisebanyak 18 parameter. Dengan adanya UPT Laboratorium ini diharapkan kepada perusahaan yang terkait dapat melaksanakan uji sample air bersih dan limbah di Rohil," jelasnya.

Dinas Lingkungan Hidup Rohil dikatakan Suwandi juga akan mengupayakan dalam tahun ini UPT Laboratorium Lingkungan sudah mendapatkan Akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) agardapat sejajar dengan labor lainnya dan tentunya akan mendapatkan peningkatan PAD.  

Selain lounching UPT Laboratorium Lingkungan, disampaikan Suwandi juga menyampaikan akan memberikan pengharagaan lingkungan kepada 20 sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Tahun 2018 dan 2 sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Tahun 2017. Penghargaan yang akan diberikan berupa sertifikat, tropi dan hadiah mesin rumput dan alat pembuat lubang bio poli.

"Selain sekolah adiwiyata juga diberikan penghargaan kepada tokoh pembina Adiwiyata Kabupaten Rohil serta penghargaan khusus kepada perusahaan yang peduli terhadap lingkungan khususnya sekolah Adiwiyata dan program kampong iklim yang akan diberikan kepada PT. Salim Ivo Mas Pratama Area 1 dan Area 2," ungkapnya.

Bupati Kabupaten Rokan Hilir dalam sanbutannya menyampaikan apresiasinya atas peresmian UPT Laboratorium Lingkungan dan pencanangan Rohil sebagai Kabupaten Adiwiyata.

"Saya memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohil, Pak Suwandi yang telah berjuang untuk mendapatkan sebuah prestasi berupa Laboratorium Lingkungan. Labor Lingkungan ini diharapkan semua perusahaan yang bermasalah terhadap dampak lingkungan gak perlu lagi jauh-jauh ke Medan atau Pekan Baru untuk memeriksakan limbahnya, di Rohil ada dan kosnya lebih murah," kata Suyatno.

Lanjutnya, dengan adanya Laboratorium Lingkungan di Kabupaten Rokan Hilir yang sesuai standart nasional diharapkan dapat menambah pendapatan daerah. Karena di Rohil banyak perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang memiliki limbah cair, dan pihak perusahaan harus memeriksakan limbahnya setiap bulan di labor lingkungan ini," pintanya

Laporan : Irwansyah

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar