Jelang Pilgubri Disdukcapil Rohil Cetak 12.000 e-KTP

Rabu, 27 Juni 2018 | 10:46:35 WIB
Jelang Pilgubri Disdukcapil Rohil Cetak 12.000 e-KTPi Foto: Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Rohil, Basarudin

BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Menjelang pemilihan kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2018, dalam empat bulan terakhir Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Roakn Hilir (Rohil) telah melakukan pencetakan 12.000 lebih Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

"Diakhir mendekati Pilgubri ini, masyarakat yang mengambil atau yang melakukan perekaman e-KTP di Disdukcapil membludak. Masalah tinta dan blangko tidak ada kendala, cuma jaringan aja yang bermasalah yang harusnya bisa dicetak, ya kita minta reques dulu," kata Kepala Dinas Kependudukan Rohil, Basarudin saat dikonfirmasi Selasa, (26/6/2018).

Lanjutnya, terhitung dari bulan Maret 2018 sampai saat ini Disdukcapil Rohil sudah melakukan pencetakan e-KTP sebanyak 12.000 lebih dan suket juga banyak. Kami akui karena sebelum ini kami tidak bisa mencetak disebabkan tidak ada tinta atau blangko. Tapi sekarang tinta dan blangko tidak ada masalah, dan kami sudah jemput blangko lagi sekitar 20.000 blangko," jelas Basarudin.

Pantauan dilapangan, membludaknya pengambilan e-KTP di Disdukcapil Rohil karena banyaknya anak yang baru tamat SMU sederajat melakukan perekaman e-KTP untuk melanjutkan sekolah keperguruan tinggi, pencari kerja maupun sebagai pemilih pemula yang sudah memasuki usia 18 Tahun yang ingin memberikan hak pilihnya pada pilgubri yang berlangsung pada 27 Juni 2018.

Dikatakan Basarudin juga, bahwa mencetak e-KTP dulu bisa sampai malam tapi saat ini tidak bisa karena ada maintendent alat di database pusat sehingga pencetakan e-KTP cuma bisa siang hari.

"Dulu mencetak e-KTP bisa lembur sampai malam bahkan sampai jam 4 subuh, tapi saat ini mencetak itu harus siang karena ada maintendent alat di database pusat yang belum selesai dikerjakan," ujarnya.

Terkait menumpuknya e-KTP yang sudah dicetak di disdukcapil Rohil karena banyaknya masyarakat yang melakukan perekaman langsung di disdukcapil ataupun pihak Kecamatan belum mengambil. Sehinga sehari menjelang pilgubri masyarakat membludak untuk mengambil e-KTPnya maupun KK.

Untuk e-KTP yang sudah siap dicetak hasil rekaman langsung didisdukcapil maupun dari Kecamatan tapi belum diambil, disampaikan Basarudin, pihaknya tetap mengupayakan mengubungi melalui pesan SMS atau WA agar segera mengambil e-KTPnya. Sedangkan untuk Kecamatan pihaknya mengupayakan pengiriman ke Kecamatan masing-masing.

Laporan : Irwansyah    

 

 

Tulis Komentar