Plt Bupati Rohil Drs Jamiludin Resmikan Pasar Central Labuhan Tangga Besar

Ahad, 06 Mei 2018 | 22:40:14 WIB
Plt Bupati Rohil Drs Jamiludin Resmikan Pasar Central Labuhan Tangga Besari Foto: Peresmian Pasar Central Labuhan Tangga Besar ditandai pelepasan burung merpati

BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Rokan Hilir (Rohil, Drs Jamiludin resmikan penggunaan Pasar Central Labuhan Tangga Besar Kecamatan Bangko, Rohil, Minggu (06/05/2018).

Hadir pada acara peresmian Kepala Dinas Perindustrian Rohil, Sukma Afalah, anggota DPRD Rohil, Plt Ketua TP PKK Rohil Hj. Nurainun Jamiludin, Danramil Bangko, Perwakilan Polsek Bangko, para Datuk Penghulu Kecamatan Bangko, BPKep Labuhan Tangga, ibu PKK Kepenghuluan, tokoh masyarakat serta para pedagang.

Peresmian pasar tradisional tersebut ditandai dengan melepaskan empat ekor burung merpati ke udara oleh plt bupati Rohil Drs Jamiludin, mewakili ketua DPRD Rohil anggota legislatif Imam Soeroso, kepala Dinas Perindag dan pasar Sukma Al Falah dan penghulu Labuhan Tangga Besar Hasanuddin.

Selanjutnya dilakukan pemotongan pita oleh Plt TP PKK Rohil Hj Nurainun didamping TP PKK Kepenghuluan Sri disaksikan Plt Bupati Rohil Drs Jamiludin dan Kadis Perindag Sikma AlFalah.

Plt Bupati Rohil Drs H. Jamiludin menjelaskan bahwa para pedagang di pasar yang lama tentunya mengharapkan rasa puas setelah menempati lokasi pasar central Labuhan tangga Besar yang telah dibangun oleh pemerintah kabupaten Rokan Hilir.

"Diharapkan kepada petugas Pasar dapat mengayomi seluruh para pedagang dengan memberikan informasi dan lokasi tempat para pedagang yang jelas. Kalau perlu dilakukan penyegaran setiap enam bulan sekali dengan melakukan pertemuan," kata Jamiludin.

Lanjutnya, diharapkan pengelola pasar dapat mendata para pedagang dengan memberikan tempat lokasi kios memang betul yang berkompeten seorang pedagang dan jelas orangnya. Karena dengan data tersebut dapat memberikan tanggung jawab terhadap kerapian dan kebersihan kios dan pasar," pintanya.

Dijelaskan Jamiludin lagi, segi manfaatnya di mana pasar ini telah lama belum digunakan maka saat ini digunakan untuk tempat transaksi para pedagang dan pembeli. Dan ada beberapa kios pasar di samping kiri dan kanan dari bangunan utama pasar disediakan bagi pedagang-pedagang souvenir dan oleh-oleh para pengusaha kecil dan mikro Rokan Hilir.

Kepala Dinas Perindustrian Rokan Hilir H. Sukma Afalah menyampaikan bahwa alasan dipindahkannya pasar minggu Aridho ke pasar central Labuhan Tangga Besar karena pasar sentral ini lebih luas dan bangunannya sudah lama tidak difungsikan. Selain itu posisi pasar minggu Ar Ridho sangat sempi dan tidak memiliki lahan parkir sehingga setiap pekan minggu membuat jalan lintas didepan pasar tersebut macet.

Selain itu, Datuk Penghulu Labuhan Tangga Besar Hasanudin mengatakan bahwa para pedagang yang dipindahkan dari pasar Minggu Ar Ridho sekitar 150 pedagang dan semuanya akan mendapatkan kios tempat berdagang. Untuk menertibkan para pedagang agar tidak berebut tempat akan dilakukan pencabutan nomor undian kios sehingga kesannya tidak ada pilih-pilih.

"Ada sekitar 150 pedagang dan semuanya akan dapat tempat. Untuk penertiban para pedagang agar tidak berebut tempat akan kita susun sejajar setiap satu jenis dagangan dengan cabut undi nomor kios, jadi tidak ada pilih-pilih," kata Hasanudin.

Dikatakan Hasanudin juga, untuk mereamaikan peresmian pasar central ini pihaknya juga melaksanankan bazar yang dimulai Tanggal 6-14 Mei 2018 di lokasi tersebut. Diperkirakan ada 40 tenda sudah disiapkan panitia untuk pelaksanaan bazar tersebut.

Laporan : Irwansyah

Tulis Komentar