SKPD

Plt Bupati Rohil Drs Jamiludin Hadiri Acara Panen Raya Padi di Kecamatan Kubu

Plt Bupati Rohil Drs Jamiludin didampingi Forkomfinda panen raya padi di Kecamatan Kubu

KUBU, WAWASANRIAU.COM - Plt Bupati Rokan Hilir (Rohil), Drs Jamiludin menghadiri acara panen raya padi dan melakukan peresmian kilang padi di Kepenghuluan Teluk Piyai Kecamatan Kubu, Rohil, Selasa (13/3/2018).

Acara panen raya padi dihadiri Kabid Dinas Pertanian Propinsi Riau, Ir Gusriani Dandim 0321 Letkol inf Didik Efendi SIP , Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto.SIK, Kadis Pertanian Rohil H.Muhammad Isa, camat Kubu Asrul S.Sos, camat kubu babusalam H.Ahmad Atin, Danramil 04/kubu kapten inf Alfarizi, Kapolsek kubu AKP Sofyan, Gapoktan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat dan kelompok tani Pelita.

Plt Bupati Rohil, Drs Jamiludin dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerjannya di Kecamatan Kubu tersebut diawali dengan melakukan tetes polio kepada balita yang di taja oleh Dinas Kesehatan Rohil. Kemudian Plt Bupati melanjutkan kegitannya dengan meresmikan kilang padi yang ditandai dengan pemotongan pita.
 
Selanjutnya plt Bupati Rohil dan rombongan langsung menuju lokasi panen raya padi di Kepenghuluan Teluk Piyai untuk melakukan panen raya. Plt Bupati Rohil Jamiludin, Dandim 0321 Letkol inf Didik Efendi dan Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto secara resmi melakukan panen raya padi. Kemudian padi dirontokkan dengan menggunakan mesin yang sudah canggih yakni mesin perontok padi merk Tanikaya. Combine havester/mehatron ht 88.

Tidak hanya ikut merontokkan padi di kilang padi, plt bupati Rohil dan rombongan juga langsung meninjau lahan lokasi tanggul untuk pembuatan waduk .  Tanggul waduk ini akan digunakan sebagai irigasi yang menguntungan buat masyarakat petani. Karena tanggul berguna untuk mengatur debit air yang akan mengaliri lahan persawahan petani di Kubu.

Dalam kesempatan ini, Plt Bupati Rohil Jamiludin memaparkan beberapa rangkaian program pembangunan Kabupaten Rokan Hilir yang akan diterima masyarakat kecamatan Kubu di tahun 2018 ini, diantaranya pembangunan jalan di Teluk Piyai.

"Alhamdulillah hari ini kita sudah melakukan panen raya padi di Kepenghuluan Teluk Piyai, peresmian kilang padi serta meninjau lokasi pembuatan waduk yang nantinya akan digunakan untuk pengairan sawah dengan sistem irigasi. Dengan sistem irigasi ini nantinya diharapkan akan berdampak baik pada peningkatan ekonomi masyarakat Kubu," kata Jamiludin.

Lanjutnya, kita mengucapkan syukur dan berterimakasih kepada masyarakat serta gapoktan Kecamatan Kubu ini yang sudah berupaya untuk mengangkat nama baik daerah khususnya Desa Teluk Piyai Kecamatan Kubu sehingga kedepan diharapkan sistem pertaniannya menjadi lebih baik lagi," harapnya.

Jamiludin juga menyampaikan bahwa Rohil masih memiliki lahan pertanian yang cukup luas. Sehingga dalam pengembangan dan pembangunan di bidang pertanian Rohil akan lebih ditingkatkan lagi dengan memberikan bantuan berupa peralatan mesin pertanian.

"Dengan bantuan alsintan dan alat penggilingan padi ini diharapkan mampu meringankan beban masyarakat petani, salah satunya saat panen. Oleh sebab itu,  tolong sama-sama dijaga dan rawat dengan baik peralatan yang ada saat ini," pintanya.

Laporan : Irwansyah


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar