Tunggakan Listrik Pemkab Rohil Akan Dibayarkan Ditahun 2018

Ahad, 17 Desember 2017 | 10:55:52 WIB
Tunggakan Listrik Pemkab Rohil Akan Dibayarkan Ditahun 2018i Foto: Kabag Humas dan Protokol Pemkab Rohil, Hermanto S.Sos

BAGANSIAPIAPI,WAWASANRIAU.COM - Tunggakan biaya penyediaan jasa listrik Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir kepada pihak PT. PLN Persero Cabang Bagan Siapiapi sebesar Rp. 12.6 Milyar akan dibayarkan melalui APBD Rokan Hilir 2018 mendatang. Demikian disampaikan Kabag Humas dan Protol PemkaB Rohil, Hermanto S.Sos, Minggu (17/12/2017). 

Dapat dimaklumkan bahwa ada beberapa persoalan terkait dengan tunggakan atas kopensasi jasa penyediaan listrik oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir kepada pihak  PT. PLN Persero Cabang Bagan Siapiapi sebagai sebagaimana yang lansir oleh beberapa media massa.

Sesungguhnya nilai tunggakan Rp. 12, 6 Milyar tersebut, tidak hanya merupakan beban biaya jasa penyediaan listrik di 2017 saja, akan tetapi juga termasuk jasa penyediaan  listrik yang terhutang pada Triwulan IV tahun 2016 lalu lebih kurang sebesar Rp 5,5 Milyar.
 
Tertundanya pembayaran biaya listrik tersebut, selain dikerenakan kondisi keuangan Daerah, yang mana penerimaan Daerah dari Dana Bagi Hasil (DBH) sektor pertambangan migas 2015 Rp.131 Milyar dan Triwulan IV 2016  berkisar Rp.265 Milyar, yang bilamana diakumulasikan Rp.396.641.071 Milyar sampai saat ini belum dapat diterima Pemkab Rokan Hilir. 

Tersendatnya penerimaan  dana DBH Migas dari Depertemen Keuangan, mengakibatkan  kegiatan (Belabja Modal) yang telah selesai dikerjakan 100% dilakukan tunda bayar kepada pihak ketiga yang jumlahnya berkisar Rp.263 Milyar. 

Berbeda dengan tunggakan biaya jasa penyediaan listrik 2016 berkisar Rp.5,5 Milyar yang merupakan belanja rutin yang tidak termasuk didalam ketentuan tundabayar kegiatan belanja modal. 

Maka oleh kerena belum adanya persepsi yang sama antara Peraturan Menteri Keuangan dengan TP4D Kejaksaan Negeri Rokan Hilir sebagai lembaga yang disediakan oleh negara sebagai Team Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah juga menjadi penyebab tunggakan jasa penyediaan listrik Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir ditunda penyelesaiannya melalui APBD Kabupaten Rokan Hilir 2018 mendatang. (zmi) 

Tulis Komentar