Sosbud

Bupati Rohil Beri Apresiasi Kegiatan Operasi Katarak Tim Lion Club

Bupati Rohil, H Suyatno serahkan cinderamata kepada Presiden Lion Club Bintang Mulia Baganbatu, Ir Siswadja Muljadi


 

BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Buapati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno memberikan apresiasi serta membuka secara resmi kegiatan sosial operasi katarak mata oyang diselenggarakan Tim Lion Club Bintang Mulia Bagan Batu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DR Pratomo Bagansiapiapi.

"Kami atas nama pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan sosial operasi katarak gratis yang diselenggarakan oleh Tim Lion Club Bintang Mulia Bagan Batu di RSUD Pratomo ini," kata Bupati Rohil, saat menyampaikan kata sambutannya di acara pembukaan, Sabtu (2/12/2017).

Lanjutnya, ini yang kesekian kalinya saya berdiri disini dalam kegiatan operasi katarak gratis yang diselenggarakan Tim Lion Club. Sementara pemerintah daerah belum bisa melakukan hal seperti ini, ya mungkin berkaitan dengan anggaran juga," ungkapnya.

Dejelaskan Suyatno, kegiatan operasi katarak gratis ini menjadi cambuk bagi pemerintah daerah kedepan dalam kepedulian terhadap masyarakat. Masih banyak lagi masyarakat yang kurang mampu dipelosok desa belum terpantau dan perlu didata. Diharapkan nantinya pemda Rohil dapat bekerja sama dengan Lion Club serta Bhabinkatibmas Polres Rohil.

"Ini menjadi cambuk bagi kita kedepan dalam kepedulian Pemerintah Daerah Rohil terhadap warga masyarakat. Ini perlu ada kerja sama antara Pemda dengan Lion Club serta Polres Rohil, karena masih banyak lagi masyarakat yang tak dapat melihat dan membutuhkan bantuan kita," harap Bupati.

Bupati juga mengharapkan kepada masyarakat yang sudah menjalani operasi katarak agar dapat menjaga kesehatannya selama masa pengobatan dan tidak melakukan pekerjaan yang berat.  

Sementara, Presiden Lion Club Bintang Mulia Bagan Batu, Ir Siswadja Muljadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan operasi katarak gratis ini sudah yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh Tim Lion Club Bintang Mulya di RSUD DR Pratomo Bagansiapiapi, dan tahun ini diperkirakan pasien yang dioperasi mencapai 300 orang.

"Kegiatan ini merupakan tahun ketiga Tim Lion Club melakukan operasi katarak di RSUD Pratomo ini, tahun pertama berhasil menjaring sekitar 125 lebih pasien, tahun kedua bisa mencapai 202 pasien dan tahun ketiga ini berhasil didata sebanyak 270 pasien, namun ada penambahan sekitar 30 orang lagi hari ini," Kata Siswadja.

Siswadja mengaku bahwa kegiatan ini sebelumnya dilakukan penjaringan pasien melalui puskesmas dan Babinkantibmas Polres Rohil diseluruh Kecamatan se-Rokan Hilir. Setelah data diperoleh data pasien, akan ditindak lanjuti dengan pemeriksaan kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mengantisifasi kesehatan pasien sebelum dilakukan operasi.

"Pasien yang terdaftar merupakan hasil pendataan di 13 puskesmas dan data konkritnya sekitar 300 pasien yang akan ditangani oleh 6 orang dokter spesialis. Semalam sudah kami lakukan operasi terhadap 130 pasien dan sisia nya hari ini," ungkapnya.

Usai kata sambutan acara dilanjutkan dengan pemberian plakat oleh Tim Lion Club kepada Bupati Rohil, H Suyatno, Kapolres Rohil, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Pratomo, IDI Rohil, PPMLI serta penyerahan cindera mata oleh Bupati kepada Presiden Lion Club Bintang Mulya Bagan Batu, Ir. Siswadja Muljadi.

Hadir pada acara Kapolres Rohil, Sekda, Anggota DPRD Propinsi Riau, Kepala OPD, Direktur RSUD Pratomo, Kapolsek Bangko, para dokter , tokoh masyarakat, tokoh agama serta ratusan pasien yang akan mengikuti operasi katarak gratis.

Laporan : Irwansyah

 

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar