Kepala BPBD Rohil, Azhar Ahmad

Kepenghuluan Di Rohil Belum Alokasikan DD Untuk Penanganan Bencana Alam

Kepala BPBD Rokan Hilir, Azhar Ahmad

BAGANSIAPIAPI,WAWASANRIAU.COM - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hilir, Riau, Azhar Ahmad menyayangkan bahwa sampai saat ini pihak Kepenghuluan di Rokan Hilir belum ada mengalokasikan anggaran dari dana desa (DD) atau dana Kepenghuluan (DK) untuk penanganan bencana alam.

"Belum ada Kepenghuluan di Rohil ini yang mengalokasikan anggaran dana kepenghuluan atau dana desa untuk penanggulangan bencana alam, mereka hanya mengalokasikan anggaran yang sifatnya monoton di bidang infrastruktur saja,"kata Azhar saat ditemui wartawan wawasanriau.com, Senin (20/11/2017) di Bagansiapiapi.

Hal itu disampaikannya sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang prioritas penggunaan dana desa Tahun 2017.

"Sesuai dengan Permendes Nomor 22 Tahun 2016 tentang prioritas penggunaan dana desa, Bab ke tiga bagian kesatu bidang pembangunan desa pasal 5 poin d yang menyatakan prioritas penggunaan dana desa salah satunya memenuhi kebutuhan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam," ungkap Azhar.

Lanjutnya, di pasal 5 poin d itu disebutkan pengadaan, pengembangan dan pemeliharaan sarana prasarana lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, penanganan bencana alam, penanganan kejadian luar biasa lainnya dan pelestarian lingkungan hidup," jelasnya.

Azhar mengharapkan para Penghulu serta perangkat dan masyarakat di setiap kepenghuluan yang rawan bencana alam atau rawan kebakaran maupun banjir dapat bermusyawarah bersama dalam mengalokasikan anggaran untuk bencana alam dari Dana Kepenghuluan (DK).

"Harapan saya kepada seluruh Kepenghuluan dapat bermusyawarah untuk mengalokasikan anggaran penanganan bencana alam dari Dana Kepenghuluan walaupun 1 sampai 3 persen dari anggaran yang ada disetiap kepenghuluan guna kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam,"harap Azhar.(Irwan)

 

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar