Ekonomi

Kadis Perikanan Rohil, M Amin: Bantuan Mesin Pembuat Ice Suatu Keberhasilan

M Amin

BAGANSIAPIAPI,WAWASANRIAU.COM - Keberadaan mesin pembuatan es, Ice Flake Machine (IFM) yang dibantu dari pusat dinilai sangat membantu bagi kalangan nelayan untuk proses pendinginan atau menjaga kualitas ikan tidak cepat busuk sehingga harganya bisa bertahan lebih lama di pasaran. 

Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Rokan Hilir M Amin AP MSi menerangkan pihaknya menyambut baik bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tersebut sehingga diharapkan kedepan dapat lebih banyak lagi program dari pusat yang berhasil dibawa ke daerah Rohil. 

"Dapatnya bantuan itu tentu bisa dikatakan sebagai sebuah keberhasilan, mengingat dari Riau hanya dua daerah saja yang mendapatkan bantuan IFM yaitu di Inhil dan Rohil," kata M Amin, Ahad (22/10). 

Khusus untuk di wilayah Rohil menurutnya sudah dibangun dan difungsikan di wilayah kecamatan Sinaboi. Keberadaan alat itu telah dipergunakan, sesuai dengan peruntukannya. Ada pihak koperasi yang mengelola dengan sasaran penerima manfaatnya adalah kalangan nelayan setempat. 

Setelah untuk di Kecamatan Sinaboi, pihaknya masih menantikan lagi turunnya bantuan serupa yang akan ditempatkan di Kecamatan Bangko, sebagai salah satu daerah yang memiliki nelayan dalam jumlah terbesar di Rohil. 

Beberapa kriteria yang diperlukan terkait dengan turunnya bantuan itu telah dipenuhi diantaranya soal daya listerik minimal, pembangunan gudang, lahan dan lain-lain. 

"Sementara yang sudah diterima itu baru satu di Sinaboi, satu lagi di Kecamatan Bangko tapi itu belum," kata Amin.  Untuk yang di Bangko sudah disiapkan untuk pembangunan gudang IFM itu sehingga bila bantuan turun bisa langsung diletakkan dan dioprasikan.(adv/zmi)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar