Bakal Makan Korban, Diduga Pekerjaan Gedung Perpustakaan SDN 013 Bangko Tak Sesuai Bestek

Rabu, 04 Oktober 2017 | 10:41:35 WIB
Bakal Makan Korban, Diduga Pekerjaan Gedung Perpustakaan SDN 013 Bangko Tak Sesuai Besteki Foto: Bangunan gedung yg dimaksud

BAGANSIAPIAPI,WAWAANRIAU.COM - Pembangunan perpustakaan sekolah Dasar (SD) Negeri 013 kepenghuluan baganhulu, Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) diduga tak sesuai bestek.

Demikian dikatakan Warga Baganhulu, Satrio Oyon pada awak media, Rabu (04/10/2017). Kata dia, saat dilapangan, ia sempat melihat langsung bagaimana proyek itu dikerjakan. Bahkan sejumlah temuan yang kuat diduga sangat menyimpang dari aturan bestek.

“Dari hasil peninjauan yang saya lakukan, ada dugaan kuat konstruksi bangunan gedung perpustakaan tersebut yang saat ini sedang dilaksanakan menyalahi bestek,”kata Satria Oyon.

Lanjutnya, karena ia melihat pelaksanaan pembangunannya terkesan asal -asalan dan tidak mengikuti bestek yang ada.

Salah satu conton disebutkannya, bahan Pasir yang seharusnya didatangkan dari Rantau Prapat, ternyata dilapangan hanya pasir putih yg didatangkan sekitar ujung tanjung.

Tambahnya lagi, Landasan tapak gajah yang mempergunakan cerocok ukuran 6-5 inci dan 4 inci, dan cerocok tersebut kabarnya dipotong dua (2), sedangkan petunjuk bestek diketahui cerocok ukuran 8-12 inci dan ukuran panjang 5-6 meter.

Dengan demikian, diprediksikan fisik pembangunan gedung perpustakaan diperkirakan tidak akan bertahan lama karena konstruksi yang tidak sesuai bestek pada kayu cerocok gedung yang kecil dan pasir putih kebanyakan kadar tanahnya.

"Saya khawatir nanti ada korban kalau dikerjakan asal jadi. Korbannya siapa lagi kalau bukan murid sekolah itu nantinya,"ungkap Oyon mengiba. (wrc/zmi)

Tulis Komentar