Pilkada Serentak

3 Kabupaten Kota Rawan Sengketa

Plang kantor banwaslu Riau

PEKANBARU - Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Provinsi Riau, menyebutkan bahwa ada tiga (3) daerah dari sembilan (9) Kabupaten/ Kota di Riau  yang bakal menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Desember 2015, rawan terhadap sengketa. Ketiga daerah itu yakni Kuantan Singingi (Kuansing), Rokan Hulu (Rohul) dan Siak.

Demikian diungkapkan Komisioner Banwaslu Provinsi Riau, Rusidi Rusdan, kepada wartawan, Jumat (14/8). Kerawanan tersebut berdasarkan pengalaman penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014.

Kata Rusidi, kerawanan Pilkada Kuansing karena memang tipikal masyarakat tempatan yang emosinal. “Di Kuansing itu pernah terjadi kerusuhan Pilkada. Kerawanan lain adalah keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN)".

Sedangkan di Siak, karena yang maju adalah bupati ‘incumbent’, juga rawan terhadap keterlibatan ASN. Sementara di Pilkada Rohul, diperkirakan disamping keterlibatan ASN dalam politik praktis juga kemungkinan terjadi penggelembungan suara.

Tetapi Rusidi optimis penyelenggaraan Pilkada serentak akan berjalan aman, meski minim anggaran operasional. Semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pesta Rakyat ity akan selalu berkoordinasi sehingga kerawanan kerawanan itu bisa diantisipasi.***(rtc/wrc)

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar