Ekonomi

Bantah Rizal Ramli, Menteri Sudirman yakin proyek 35.000 MW tercapai

Menteri Energi dan Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku optimis proyek kelistrikan 35.000 megawatt (MW) bakal terealisasi pada masa pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Bahkan, akhir tahun ini bakal diresmikan 7.000 MW sisa peninggalan masa pemerintahan SBY.
 
"Untuk 35.000 MW target akan tercapai, 35.000 itu kan ada dua yaitu 7.000 MW sisa, yang 7.000 MW insya allah akhir tahun depan selesai semua. Kita bisa berharap separuh dari 7.000 harus diresmikan," ujar dia di kantor BKPM, Jakarta, Jumat (13/8).
 
Proyek pembangunan tersebut mendapatkan kritikan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli. Menteri Rizal mengatakan proyek tersebut tidak realistis. Untuk itu, dia meminta Kementerian ESDM untuk mengevaluasi lebih lanjut terkait program tersebut.
 
Menteri Sudirman malah yakin tahun depan sebanyak 15.000 MW dari 35.000 MW bakal diresmikan. Apalagi, ESDM bakal terus mengevaluasi mengenai pembangunan infrastruktur itu.
 
"Kita kan reserve sistem yang kita lihat, kenapa 35.000 MW itu berdasarkan penelitian," pungkas dia.
 
Sebelumnya, Menteri Koordinator (Menko) bidang Maritim Rizal Ramli meragukan proyek pembangkit listrik 35.000 megawatt (mw) bisa terealisasi. Bahkan, dia menyebut proyek itu terbilang tidak masuk akal.
 
"Mana yang betul-betul masuk akal. Jangan memberikan target terlalu tinggi tapi dicapainya susah. Supaya kita realistis," ujar Rizal di Kantor Menko Maritim, Jakarta, Kamis (13/8).
 
Sehingga, bakal memanggil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said dan Dewan Energi Nasional (DEN) untuk membicarakan ulang terkait program ini.


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar