Parpol dan Ormas Islam Pekanbaru Aksi Protes Kebiadaban Myanmar Atas Rohingya

Ahad, 10 September 2017 | 11:20:28 WIB
Parpol dan Ormas Islam Pekanbaru Aksi Protes Kebiadaban Myanmar Atas Rohingyai Foto: Parpol dan Ormas Islam Pekanbaru gelar Protes

PEKANBARU, WAWASANRIAU.COM - Ratusan massa aksi bela Rohingya baik dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Front Pembela Islam (FPI) serta dari berbagai unsur lapisan masyarakat lainnya longmarch dari Jalan Cut Nyak Dien, Sudirman, Gajah Mada lalu memusatkan orasi di depan Kantor Gubernur Riau atau tepatnya di Tugu Titik Nol.

Aksi ini juga diikuti para ibu-ibu, remaja hingga anak-anak dengan membawa foto-foto dukungan untuk etnis muslim Rohingga, yang ditindas oleh tentara Myanmar secara keji. Aksi ini juga mengecam pemerintah dan kelompok agama mayoritas Myanmar yang merestui tindakan kebiadaban atas perlakuan pembunuhan tentara Myanmar tersebut.

"Mereka diusir dari kampung halaman dan negaranya sendiri. Aksi biadab tentara Myanmar tidak boleh dibiarkan. Ribuan nyawa dibiarkan melayang akibat tindakan biadab yang tak berkeprimanusiaan itu," kata Koordinator Aksi, Yasser Hamidi, dalam orasinya.

Pemerintah Indonesia sudah seharusnya tak boleh tutup matam begitu juga dunia internasional, khususnya ASEAN.

Sebagai bangsa mayoritasnya agama Islam, pemerintah Indonesia harus tergerak melakukan aksi nyata membantu dan membela etnis Muslim Rohingya yang diperlakukan secara tak manusiawi oleh tentara Myanmar.

Massa juga berharap kepada masyarakat luas ikut memberikan mendoakan etnis muslim Rohingya tersebut yang sudah bertahun-tahun menderita akibat penindasan tentara dan pemerintahannya yang dipimpin seorang peraih nobel perdamaian.

"Aksi kita pagi ini insya Allah tidak akan sia-sia. Kita seru, kita doakan agar penindasan ini segera berakhir," ungkap orator lainnya.

Aksi mendapatkan perhatian dari pengendara yang melintas. Tampak juga diantara pengendara memberikan sumbangan uang ke dalam kotak yang telah disiapkan peserta aksi.(rtc)

Tulis Komentar