Bupati Suyatno Tinjau Pembangunan SPAM Tanah Putih Tanjung Belawan

Selasa, 25 Juli 2017 | 17:09:43 WIB
Bupati Suyatno Tinjau Pembangunan SPAM Tanah Putih Tanjung Belawani Foto: Bupati Rohil, H Suyatno dan rombongan melihat areal SPAM di kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan
ROHIL,WAWASANRIAU.COM - Bupati Rohil, Suyatno meninjau Lokasi pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Durolis (Dumai, Rohil, dan Bengkalis), Selasa (25/7/17) di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.
 
Hadir dalam acara itu, Kadis Bapeda Rohil M Jop Kurniawan, Camat Tanah Putih Tanjung Melawan Nurmansyah SSTP MSi, Camat Rimba Melintang Burhanudin Hasan SHut MSc, Camat Bangko Pusako Sukardi SP, Kakan Satpol PP Rohil Suryadi SE, Kapolsek Iptu Kornel Sirait, Danramil 02 Kapten Inf Khairul Anwar, para penghulu, lurah, para UPTD, perwakilan guru, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.
 
Camat Tanah Putih Tanjung Melawan Nurmansyah mengatakan, bahwa beberapa munggu lalu sudah ada peninjauan dari tim pembangunan SPAM Regional Durolis ( Dumai, Rohil, dan Bengkalis ) dari Kementrian PU Provinsi Riau, tim dari Pemkab Rohil, dan dari pihak perusaan pemenang tender pengerjaan SPAM itu.
 
"Proyek itu memakan nilai sekira Rp.800milyar dari dana Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Riau dan Pemkab Rohil, dan Proyek itu Multi Years, yang artinya dana bertahap dan ditarget baru selesai sekitar tahun 2019 mendatang," terangnya. Ia mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati Rohil H. Suyatno AMp dan undangan lainnya. "Tentunnya, dalam waktu dekat ini kami akan persiapkan untuk acara pemnacangan pertama pembangunan tersebut," ujar Nurmansyah.
 
Sementara itu, Bupati Rohil H. Suyatno mengatakan, jika ia sengaja langsung datang memimpin rapat, dengan tujuan bisa langsung memberikan pencerahan terkait proses pembangunan SPAM Regional DUROLIS tersebut. "Alhamdulillah, untuk pembangunan itu kita telah sediakan lahan seluas 6 Hektare, dan semua sudah kita ganti rugi terhadap masyarakat yang punya tanah untuk pembangunan itu," ujar Suyatno.
 
Dikatakannya, bahwa untuk tahap awal, dana dikucurkan dari APBD Riau sekira senilai Rp.50milyar untuk pipa.
 
"Pada 2018 nanti, kita akan anggarkan Rp.24milyar untuk pengaliran air untuk 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Rimba Melintang dan Bangko Pusako, dan perlu diketahui untuk Kecamatan Rimba Melintang sampai di jembatan Jumrah saja, dan secara bertahap kita anggarkan pula untuk jecamatan lainnya," terang Suyatno.
 
Dijelaskannya, jika kalau tidak ada aral melintang, peletakan tiang pancang pertama untuk pembangunan itu nanti dilakukan oleh Gubernur Riau, Arsyad Juliandi Rahman pada 22 Oktober 2017 nanti. "Kepada seluruh camat, penghulu, lurah dan perangkat lain diwajibkan hadir pada acara itu nanti, karena pembangunan ini adalah kebanggaan kita bersama," papar Suyatno.
 
Suyatno menerangkan, jika panjang sungai Rokan mencapai 360 KM. "Jadi, kapan lagi kita bisa menikmati air bersih kalau tidak kuta dukung, dan apalagi SPAM dari sini jugabakan mengalirkan air ke daerah Dumai dan Bengkalis, dan tentunya apabila pembangunan ini sukses, maka tidak menutup kemungkinan investor akan melirik daerah kita nantinya," tutur Suyatno.
 
Selain itu, Bupati memerintahkan camat, penghulu dan lurah. Terkhususnya untuk Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Bangko Pusako dan Rimba Melintang untuk memeberitahukan kepada masyarakat untuk mendukung suksesnya pembangunan SPAM tersebut. "Semoga dengan bersama kita dukung dengan cara menjadi tuan rumah yang baik, kedepan daerah kita akan lebih maju nantinya," pungkas Suyatno. (rls/fie)
 
Tulis Komentar