Lancang Kuning

Suyatno: Pulau Jemur Perlu Dukungan Pemprov dan Pusat

Bupati Rohil, H Suyatno saat memberikan pemaparan terkait pulau jemur kepada tim BPSPL Kota padang yang berkunjung
BAGANSIAPIAPI,WAWASANRIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir harapkan dukungan dari pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan pusat dalam pengembangan serta pembangunan sara praasarana objek wisata di pulau Jemur.
 
"Baik itu pemprov Riau mau pun pusat, mari kita bersama berbagi kerja dalan mengembangkan pulau jemur yang juga sebagau pulau perbatasan antara dua negara antara Indonesia dan Malaysia, Palingtidak ada pelabuhan sarana dan saranya bagus,” ucap Bupati Rohil ketika berdialog dengan kunjungan BPSPL Kota padang di mes pemda jalan merdeka Bagansiapiapi. 
 
Suyatno mengungkapkan, sarana dan prasarana di pulau jemur tidak memadai sementara orang ingin sekali kesana, orang malaysia sudah banyak mendaftar untuk pergi ke pulau jemur dan saya juga sudah undang imigrasi dan beacukai, mereka siap untuk mengembangkan pulau jemur sebagai objek wisata.
 
“Di pulau jemur ada pelabuhan tapi pelabuhanya goyang-goyang karna tali pengikatnya putus sehingga tidak bisa kapal merapat apalagi ada gelombang untuk itu pemkab Rohil sudah mengajukan proposal kepemerintah pusat agar membangun pelabuhan yang bagus agar bisa kapal bersandar dan merapat, “harapnya.
 
Padahal, Jelas Suyatno, itu batas Negara Kesatuan Republik Indonesia, kepres nomor 6 menyebutkan bahwa pulau batu mandi,kepulauan arwah menjadi batas wilayah terluar di indonesia, kalau kita berbicara indonesia tentu itu tanggung jawab pemerintah pusat juga,  kepada pemerintah pusat tolong  perhatikan pulau jemur tersebut, apakah itu dengan cara membangun  pos Angkatan Laut kita perluas dan diperlebar,kemudian ada Airut,dengan banyaknya pulau- pulau kalau Indonesia  tidak tanggap Habis nanti di klaim,” ungkapnya.
 
Sebelumnya juga telah di buka Trayek Bagansiapiapi-pulau Jemur untuk mencoba mengembangkan pulau jemur melalui kerja sama BUMD Rohil dengan Dinas Periwisata Pemuda dan olaharaga (Disparpora) Rohil. 
 
"maka dari itu,dengan adanya kunjungan dari Tim Badan Pengelolaan Sumber Daya pesisir dan Laut ( BPSPL ) kita harap bisa lebih membantu dalam pemgembangan objek wisata alam ini, terutama untuk konservasi penyu yang ada disana," Pungkasnya. (fie) 
 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar