Kerjasama Dengan KKP

Pemkab Rohil Wacanakan Pembangunan UPT Pembenihan Kerang

Bupati Rohil H Suyatno dan rombongan usai melakukan peninjauan menggunakan kapal pompong.

SINABOI,WAWASANRIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mendapatkan kepercayaan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk membangun unit pelaksanaan teknis (UPT) Pembenihan Kerang. Dari beberapa yang ada, Pemkab Rohil memilih lokasi di daerah Sei Bakau, Kecamatan Sinaboi. Yang telah di tinjau lansung oleh Bupati bersama Kadiskan Rohil M.Amin untuk persiapan UPT, Senin (3/7/2017).

"Dari tiga daerah Pesisir, Bangko, Palika dan Sinaboi kita pilih lokasi UPT yang akan dibangun pusat di Sinaboi, alasannya akses jalan yang bagus dan disini memang banyak warga yang membudidaya kerang," kata Bupati.

Peninjauan lokasi juga diikuti oleh Kadiskan Rohil M.AMin, Kadis Satpol PP dan Linmas Suryadi dan anggota DPRD Rohil, H Rasyid Abizar. Robongan juga didampingi oleh Camat Sinaboi, Abdul Hamid dan Upika meninjau lokasi bibr pantai.

Bupati menambahkan, Direktur Pembenihan Direktorat Perikanan Budidaya KKP sudah menghubungi Pemkab Rohil melalui Dinas Perikanan. Rencananya akan dibangun UPT Pembenihan kerang dan Pemkab Rohil hanya menyiapkan lahan minimal seluas tiga hektare.



"Kita samabut baik dan jika terwujud ini satu-satunya di Indonesia, kita dukung dan akan kita kawal terus, sehingga bisa cepat direalisasikan tahun ini atau paling lama tahun depan," kata Suyatno.

Selaku kepala daerah di Rohil, Suyatno sangat setuju dengan lokasi yag diarahkan oleh Kadiskan Rohil, Camat dan para pengusaha perikana di Kecamatan Pesisir Rohil itu.

"Kita minta penghulu untuk menyiapkan surat-surat lokasi bibir pantai tersebut, jangan sampai lahannya milik orang dan memang harus jelas sehingga pusat tidak ragu untuk membangun UPT pembenihan kerang," pintanya.

Sementara itu Kadiskan Rohil, M.Amin menyebutkan pihak KKP telah menghubunginya pada bulan puasa lalu, dan info tersebut langsung ia sampaikan kepada Bupati dan meminta arahan.

"saya ada komunikasi dengan Direktur Perbenihan Dirjen Perikanan Budidaya. Mereka mau membangun UPT Pembenihan Kerang milik pemerintah pusat. Mereka membangunnya sendiri dengan biaya pusat, namun saratnya daerah mau menyediakan lahan minimal 3 Ha," ucap Kadiskan Rohil

M.Amin sangat pesimis bahwasanya potensi Kerang di Rohil sangatlah bagus, apalagi kini banyak masyarakat yang sudah melalukan budidaya kerang. Untuk itulah dengan adanya UPT KKP Pembenihan maka akan lebih memperlancar usaha Budidaya yang dilakukan oleh masyarakat Sinaboi.

"Meski dibangun di Sinaboi, namun nanatinya pembibitan ini bisa mencukupi untuk keperluan benih di Bangko, Kubu, Palika dan daerah-daerah rohil lainnya." kata Amin.

Tidak hanya itu, Keberlanjutan usaha budidaya kerang yang dilakukan masyarakat akan lebih terjamin, karena ketersediaan bibit tidak tergantung lagi dari alam," Tutup Kadiskan Rohil M.Amin. (fie)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar