Promosikan Wisata, BUMD Rohil Akan Buka Jalur Pulau Jemur-Malaysia

Senin, 05 Juni 2017 | 16:54:26 WIB
Promosikan Wisata, BUMD Rohil Akan Buka Jalur Pulau Jemur-Malaysiai Foto:
BAGANSIAPIAPI,WAWASANRIAU.COM - Guna mempermudah akses wisata luar negri ke Pulau Jemur yang terletak di Selat Malaka, Pemkab Rohil melalui BUMD PD.Sarana Pembangunan Rohil berencana membuat jalur transportasi Port Klang (Malaysia) - Pulau Jemur (Rokan Hilir).
 
Demikian dikatakan Direktur BUMD PD Sarana Pembangunan Rohil, Rahmad Hidayat usai melakukan pertemuan bersma Sekda serta pengelola hotel dan wisma se kota Bagansiapiapi, Senin (5/6) di Mess Pemda, Jalan Perwira.
 
"Ini rencana kita setelah sukses jalur dari Bagansiapiapi-Pulau Jemur setiao akhir pekan. Barulah Jalur Port Klang ini kita buat dengan berbagai pihak," kata Rahmad Hidayat.
 
Pertimbangnnya adalah bahwa Pulau Jemur ternyata lebih dekat dari Port Klang, Selangir dibandibgkan dari Bagansiapiapi sehingga menjadi peluang pengembangan wisata untuk wisata manca negara datang ke Pulau Jemur.
 
Rahmad Hidayat menambahkan, saat ini kerja saja dengan Kapal dari Batam dibina dan diharapkan bisa berkelanjutan. Apalagi momen Bakar Tongkang memang banyak yang berminat ke Pulau Jemur yang merupakan gugusan Kepulauan Arwah tersebut.
 
Apalagi saat ini di Pulau Jemur, penangkaran Penyi sudah mulai dihidupkan kembali mengingat sulitnya tukik (anak penyu, red) bisa bertahan hidup dilaut lepas. "Jadi di besarkan dulu jika sudah memungkinkan dilepas baru dilepas, kalau masih kecil khawatir dimakan ikan-ikan pemangsa," tegasnya.
 
Apalagi jika selama ini Tukik tersebut dietas normal oleh Penyu berdasrkan berbagai penelitian dari seribu Tukik hanya seekor saja yang bertahan hidup. "Jangan sampai Habitat Penyu hijau kita punah, apalagi hidupnya dilaut lepas dan  berpindah-pindah." pungkasnya.
 
Tulis Komentar