Lancang Kuning

Kemenag Rohil Gelar Pembinaan Pemberdayaan Amil Zakat

BAGANSIAPIAPI,WAWASANRIAU.COM - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rokan Hilir menggelar pembinaan pemberdayaan amil zakat yang diikuti sebanyak 20 orang peserta, terdiri dari pengurus masjid dan musholla se-Kecamatan Bangko di Bagansiapiapi, Kamis (1/6/2017).

Acara itu dipusatkan di aula kantor Kemenag Rohil di komplek perkantoran batu 6 Bagansiapiapi dan dibuka langsung oleh Kakan Kemenag Rohil H. Agustiar S.Ag didampingi oleh Seksi Penyelenggara Bimbingan Syariah (Binsyar) H Zakifri S.Ag dan H Majemuk S.Ag.

Dalam kata sambutannya Kakan Kemenag Rohil menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan ini karena banyak memiliki manfaat, apalagi dalam waktu dekat ini Mesjid dan Musholla akan membentuk amil zakat guna menerima zakat dari masyarakat baik zakat Fitrah maupun zakat harta.

“Sebagai mana biasa pada bulan suci Ramadan umat muslim diwajibkan untuk menunaikan dan menyalurkan zakat,” kata H.Agustiar.

Agustiar menambahkan, bahwa dirinya sangat berharap kepada seluruh peserta agar setelah mengikuti kegiatan tersebut dapat secara maksimal merealisasikan pengetahuan yang didapatkan di UPZ masing-masing.

Diterangkan H Agustiar ada beberapa cara dalam pemahaman tentang penting berzakat, yakni dengan cara sosialisasi konferensif tentang fungsi zakat, Lembaga yang profesional dalam pengelolaan dan pendistribusian zakat serta Program yang konkret (nyata) dari pengelolaan zakat tersebut.

“Misalnya zakat produktif, dimana pengeluarkan zakat (Muzzaki) memberikan zakat kepada penerima Zakat (Mustahiq) tetapi zakat tersebut dikelola untuk mendatangkan manfaat sehingga memberikan keuntungan bagi Mustahiq seperti modal berdagang, sehingga mustahiq tersebut suatu saat akan menjadi Muzzaki,” terangnya.

Disamping itu ia katakan acara ini digelar juga bermaksud dalam rangka mengoptimalisasikan peran Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam pengumpulan dan pendistribusian Zakat, Infaq dan Sadaqoh (ZIS), maka Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hilir.

Sementara itu Seksi Penyelenggara Binsyar Kemenag Kabupaten Rokan Hilir H Zakifri S.Ag,mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi para UPZ selaku penerima dan pengelola zakat di wilayah masing-masing.

“Saya mengharapkan semua peserta dapat mengikuti dan memahami materi yang akan diberikan oleh narasumber yang salah satunya dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Rokan Hilir, bidang Bimbingan Syariah,” katanya.

Ia berharap dalam pengumpulan zakat dan pembagiannya lebih dikedepankan berkeadilan,sebab ini salah satu penunjang agar masyarakat mau mebayar zakatnya melalui amil zakat.

Ditambahkannya, bahwa dari 8 aznab pembagian zakat tidak seluruhnya yang mendapat bagian disebabkan karena aznab yang dimaksud tidak selalu ada diwilayah bersangkutan, Zakifri menjelaskan ke 8 aznab tersebut

“Fakir, Miskin, Ricob, Mualab, Ibnusabil, Pisabilillah, Hamba sahya dan amil Zakat,” jelasnya mengakhiri. (src)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar