Penen Raya Cabe Seluas 40 H

Bupati Suyatno Aspirasi Kinerja Gapoktan Kubu Dalam Meningkatkan Perekonomian

Bupati Suyatno, ketua DPRD Rohil dan Dandim 0321 Rohil fhoto bersama usai melaksanankan panan raya

KUBU,WAWASANRIAU.COM - Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno hadiri panen raya cabe seluas 40 hektar di Kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir, Kecamatan Kubu, Selasa (14/2/2017).

Panen raya juga dihadiri oleh Ketua DPRD Rohil H.Nasrudin Hasan, Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo, Camat kubu serta datuk Penghulu dan para Gapoktan

"Meski terlambat, tapi saya senang melihat panen cabe yang dilaksanakan hari ini, karena cabenya banyak sekali," kata Suyatno usai melakukan panen cabe.

Bupati memberikan apresiasi kepada camat, penghulu dan semua kelompok tani yang telah berupaya mengembangkan tanaman cabe didaerahnya. Karena menurutnya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat itu sendiri.



"Tadi laporan dari camat dan penghulu luas tanaman cabe ini lebih kurang 40 hektar. Saya minta dipertahankan, kalau bisa ditingkatkan lagi," katanya.

Iapun berharap tidak hanya Kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir saja yang mengembangkan tanaman itu, namun kecamatan maupun kepenghuluan lain juga diminta melakukan hal yang sama.

"Semua itu tergantung masyarakat mengembangkannya. Soal pembinaan nanti koordinasi dengan dinas terkait," katanya mengajak.

Menurut keterangan petani, hasil panen cabe tersebut tidak hanya dipasarkan di Rohil saja, tapi juga sudah banyak dijual ke Pekanbaru, Jambi, Padang, Palembang dan daerah lainnya.

Terkait keluhan petani soal air pasang yang masuk kelokasi tanaman cabe, Bupati menegaskan sudah disampaikan hal itu ke DPRD.

"Tahun ini juga akan kita bangun tanggul. Mudah-mudahan dengan dibangunnya tanggul itu air asin tidak masuk lagi," katanya.

Selain itu, masyarakat juga mendambakan jalan masuk kelokasi panen cabe yang saat ini belum memadai.

"Beberapa hari yang lalu sejumlah mahasiswa juga ketemu saya, mereka minta perhatian jalan lintas itu. Kita sudah masukkan anggarannya tahun ini sebesar Rp20 miliar, termasuk pembangunan kantor Kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir," kata Suyatno.

Diacara yang sama juga dilakukan penyerahan sertifikat prona dan bantuan alat pertanian. (rilis)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar