Lancang Kuning

2017 Pemkab Rohil Cadangkan Pembangunan Hutan Kota

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI,WAWASANRIAU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) akan membangun kawasan Hutan Kota. Lokasi pembangunan kawasan hutan kota itu dipusatkan di sekitaran Kolam Renang, Batu Empat, Bagansiapiapi.

Demikian di sampaikan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Rohil, Suwandi S Sos, Jumat (10/2) di Bagansiapiapi.

"Kita sudah susun site plan pembangunan hutan kota di bagansiapiapi. Insaallah tahun ini kita programkan untuk memulai pembangunannya," Ucapnya sembari mengatakan kawasan hutan kota itu dibangun dilahan seluas 4 Hakter (Ha).

Dijelaskan, Hutan kota sebutnya merupakan salah satu komponen ruang terbuka hijau. Keberadaan hutan kota sangat berfungsi sebagai sistem hidrorologi, menciptakan iklim mikro, menjaga keseimbangan oksigen dan karbon dioksida.

"Kita bangun dengan tujuan untuk mengurangi polutan, Selain itu juga berfungsi untuk menambah nilai estetika dan keasrian kota sehingga berdampak positif terhadap kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat," Tuturnya.

Bahkan sebutnya pemerintah juga sudah menganjurkan untuk membangun Hutan Kota sesuai yang tertera dalam Peraturan Pemerintah No. 63 Tahun 2002 tentang Hutan Kota. Ditambahkan, BLH Rohil berkomitmen untuk merealisasi pembangunan Hutan Kota bisa dipercepat. Untuk itu pembangunan ini akan menjadi yang diperiroritaskan sebagai bentuk peduli akan lingkungan yang semakian dibayangi oleh pemanasan global.

"Kita bisa lihat Taman Kota yang kecil saja bisa jadi objek wisata, apalagi Hutan Kota ini nantinya kita yakin akan sangat ramai menjadi aset wisata kita untuk meningkatkan pendapatan Asil Daerah (PAD)," Pungkasnya. (zal/wrc))


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar