Lancang Kuning

Riau Terima Penghargaan WTN Untuk Yang Ke Tiga Kalinya

Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman usai memerima pemghargaan WTN

PEKANBARU,WAWASANRIAU.COM - Pemerintah Provinsi Riau untuk yang ketiga kalinya menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN). Penghargaan ini merupakan penghargaan untuk bidang transportasi darat.

Penghargaan diberikan dalam kategori Piala Tata Nugraha Wiratama dan lansung diberikan oleh Wapres Jusuf Kalla didampingi Menhub Budi Karya Sumadi di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (31/1/17).

Selain Riau, ada 10 provinsi lainnya yang menerima penghargaan serupa, yakni Jatim, Jateng, Jabar, Sumsel, Sumbar, DI Yogyakarta, Bali, Kalsel, Kaltim dan Sulsel.

Sementara untuk kabupaten/kota, Kabupaten Bengkalis dan Kota Pekanbaru tercatat sebagai penerima penghargaan WTN. Daerah-daerah yang menerima penghargaan ini dinilai telah berhasil mengelola dengan baik sistem transportasi darat.

"Saya mengucapkan selamat. Ini artinya bapak/ibu sudah bekerja keras meningkatkan kinerja dan mengelola dengan baik sistem transportasi di daerah masing-masing," ucap Wapres JK saat menyampaikan sambutan.

Baik buruknya sistem transportasi, kata Wapres, paling tidak ditentukan oleh dua hal, yakni kelancaran dan keamanan.

"Dulu rata-rata di kota-kota besar di Indonesia masih bisa 30 km per jam. Sekarang paling 20 km per jam. Tingkat kecelakaan juga naik. Tahun 2016 angka kecelakaan meningkat hampir 1.000 orang lebih banyak dari tahun sebelumnya," kata Wapres lagi.

Itu sebabnya, tegas Wapres, banyak hal yang masih perlu diperbaiki. Apalagi bila dikaitkan dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan peningkatan kendaraan baik roda empat yang bertambah 1 juta setiap tahun dan roda dua 8 juta meningkat setiap tahun. "Kendaraan makin banyak sementara infrastruktur jalan tidak bertambah, ya macet makin bertambah juga," urai JK.

Makanya, kata Wapres, pembangunan infrastuktur transportasi merupakan pembangunan sepanjang zaman karena masyarakat terus berkembang. Usai menerima penghargaan, kepada sejumlah media, Gubri Andi Rachman mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan.

"Kita mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi agar ke depan lebih baik lagi," ujarnya. Gubri juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten/kota yang juga mendapat penghargaan WTN.

"Ke depan tentu kita harapkan semakin banyak kabupaten/kota di Riau yang bisa mendapatkan penghargaan ini," harapnya.

Gubri menyebut bahwa penghargaan WTN ini ia persembahkan untuk seluruh masyarakat Riau. "Kita akan terus bekerja untuk pembangunan Riau yang lebih baik," tekadnya.(inc/fie)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar