Hari Kesaktian Pancasila

Plt Sekda Rohil Ajak Generasi Muda Perkokoh Nilai Pancasila

Plt Sekda Rohil Surya Arfan saat memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila Di halaman Kantor Bupati Rohil

BAGANSIAPIAPI,WAWASANRIAU.COM - Pemerintah kabupaten Rokan Hilir gelar upacara hari kesaktian Pancasila dihalaman kantor Bupati Rohil, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi. Selaku Inspektur upacara Plt Sekda Rohil Surya Arfan ajak generasi muda untuk selalu memperkokoh nilai-nilai pancasila untuk mewujudkan keutuhan NKRI. 

"untuk mewujudkan keutuhan Nkri tentunya para generasi muda harus melakukan kerja keras dan saling bergotong royong demi terwujudnya pancasila yang abadi," cetusnya.

Dalam pidatonya, Ia juga berpesan bahwasanya untuk meneruskan perjuangan para pahlawan kita itu senantidaknya sebagai aparat pemerintahan wajib mengenang jasa-jasanya, Pancasila merupakan pemersatu bangsa dengan menanamkan nilai-nilai yang bisa menghormati sesama. walaupun Di indonesia ini terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama namun kita tetap bisa bersatu dengan berpedoman kepada pancasila.

 

Selain itu, hari Kesaktian Pancasila yang kita peringati setiap tahunnya tidak lepas dari peristiwa G30S PKI. Pancasila juga mengandung makna yang amat penting bagi sejarah perjalanan bangsa Indonesia yang merupakan dasar dari negara dan dalam peringatan hari ini harus dijadikan sebagai kesempatan untuk mendalami tentang pemaknaan nilai nilai Pancasila itu sendiri.

"Intinya nilai-nilai pancasila tidak boleh dilupakan dalam praktik kehidupan sosial bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karena tanpa itu semua sulit bagi kita untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis dan cita-cita perjuangan kemerdekaan, "Ujarnya. Ditambahkan, tema peringatan hari kesaktian pancasila tahun ini yakni "kerja nyata untuk kemajuan bangsa sebagai wujud pengamalan pancasila".

Apel Hari kesaktian pancasila itu dihadiri Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo, Pasiter Kodim Kapten Siregar, Danposal Bagansiapiapi Letda Laut (P) Ari Solikhin, KNPI Rohil. (fie)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar