Danrem 031/Wirabina Pantau Titik Api Karlahut di Rohil

Rabu, 17 Agustus 2016 | 16:11:18 WIB
Danrem 031/Wirabina Pantau Titik Api Karlahut di Rohili Foto: - Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Nurendi didampingi Bupati Suyatno saat di komfirmasi terkait karhutla di Rohil

BAGANSIAPIAPI,WAWASANRIAU.COM - Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Nurendi, meninjau langsung kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tepatnya di Teluk Bano II, kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir. Selasa (16/8/2016).

Dalam peninjaua Danrem 031/WB didampingi Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo, Bupati Rohil, H Suyatno  dan Kasdim, Mayor Inf Kadek dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Riau.

Danrem memberikan motivasi saat melakukan pemantauan terhadap seluruh personil gabungan satgas pemadaman kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di Kabupaten Rokan Hilir, seperti personil TNI, Polri, Brimob, Satpol PP dan Badan Penaggulang Bencana Daerah (BPBD) Rohil.

Ia menduga Karlahut di Rohil sengaja dibakar oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Dirinya meminta kepada seluruh satgas pemadam api agar terus meningkatkan kewaspadaan serta mengoptimalisasi pemadaman api baik darat maupun udara, jika perlu tangkap para pelaku pembakaran.

Danrem juga menegaskan bahwasanya, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan PT Jatim untuk menyediakan peralatan pemadam api, dan dalam waktu dekat pihaknya dan Pemda Rohil akan melakukan operasi Yustisia, yakni penertiban masyarakat diwilayah perbatas antar propinsi di masing-masing kabupaten. Yakni antar Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dan Labuhan Batu Selatan (Labusel), Kota Dumai-Sinaboi Rohil dan Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) dengan Labuhan Batu Utara.

"Seluruh penduduk diwilayah diperbataasan  akan diperiksa dan ditertibkan, jika terdapat orang yang tidak jelas kita akan kembalikan. jika ditemukan rumah atau pemukiman yang tidak jelas berdiri lokasi hutan lindung rubuhkan," imbuhnya. (kpr/way)

Untuk menambah satgas pemadam kebakaran, TNI juga menerjunkan sebanyak 90 personil yang terdiri dari 30 orang personil dari satuan Yon Arhanud 13, 30 orang personil Denrudal 004, 30 orang personil Yonif 132 melakukan secara terpadu. susahnya akses menuju ke lokasi kebakaran rombongan Danrem terpaksa menempuh jarak sekitar 70 kilometer dengan menggunakan sepeda motor. (fie)
 

Tulis Komentar