IDI Rohil Gelar Menetoring Peningkatan Kompetensi Dokter

Selasa, 12 Maret 2019

Bagansiapiapi - (wawasanriau.com) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) membuka peningkatan kompetensi dokter melalui mentoring spesialis sewilayah rohil. 

Kegiatan yang diikuti 100 dokter yang berasal dari Puskesmas dan RSUD dr RM Pratomo tersebut dibuka oleh Ketua IDI Rohil, dr Suratmin, Selasa (12/3) diaula salah satu hotel di Bagansiapiapi. 

"Kegiatan ini berkaitan dengan pembelajaran yang disampaikan oleh dokter spesialis kepada seluruh dokter yang bertugas Di Rohil,"katanya. 

Kegiatan ini lanjutnya, dengan tujuannya agar para dokter tau dengan perkembangan saat ini. Selain itu tambahnya, hari ini  juga dilakukan penandatanganan kerjasama dengan Baznas Rohil dengan membentuk Unit Pengumpulan Zakat (Upz) sendiri.

Suratmin menambahkan, kegiatan mentoring ini terlaksana berkat kerjasama IDI rohil dan BPJS Dumai. Karena dokter dan Bpjs itu harus sejalan dalam meningkatkan pelayanan. 

"Jadi kita tidak boleh menyalahkan dokter atau pihak Bpjs saja jika ada kekurangan dalam memberikan pelayanan. Maka dari itu dokter dan Bpjs harus sejalan, jadi kalau pelayanan keduanya sudah bagus maka secara otomatis pelayanan jadi meningkat," Ujar Suratmin. 

Ia juga menyebutkan, peningkatan kompetensi dokter Di Rohil selalu update, hanya saja yang namanya belajar tidak seperti dulu lagi dengan membaca buku tebal. Sekarang ilmu itu sebutnya, bisa dipelajari melalui aplikasi dengan memilih sumber yang kredibel dan memiliki mutu. 
 
"Untuk dokter spesialis Dirohil saya rasa saat ini sudah cukup, cukup itu dalam artian kita sudah memiliki dokter spesialis bedah, anak, kandungan dan spesialis dalam. Dokter paru,  radiologi dan lainnya kita sudah ada,  hanya saja yang kita sangat butuhkan adalah dokter spesialis mata dan THT," Terangnya. 

Untuk rumah sakit sebutnya lagi, saat ini sudah ada akreditasi, makanya pelayanan harus mantap dan lengkap. 

"Nah, untuk mewujudkan semua itu tentunya kita membutuhkan saran dan masukan dari berbagai pihak, termasuk saran dari rekan-rekan media," Pungkasnya.

Penulis : sagala 
Editor    : zmi