Dinkes Rohil Siapkan 3 Rumah Tunggu Kelahiran

Sabtu, 08 Juli 2017

Kadiskes Rohil, Dahniar, S.Kep, M.Kes resmikan Rumah tunggu kelahiran

ROHIL,WAWASANRIAU.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir setakat ini sudah mempersiapkan 3 unit Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) untuk mendekatkan akses masyarakat ke fasilitas kesehatan terdekat. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program jaminan persalinan (Jampersal) guna mengurangi angka kematian ibu dan bayi.

"Persalinan harus dilakukan di Puskesmas atau rumah sakit. Oleh karena itu, untuk menjamin keselamatan ibu dan anak dalam kandungannya maka diadakanlah rumah tunggu kelahiran yang aksesnya dekat dengan rumah sakit atau puskesmas," kata Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Dahniar, S.Kep, Mkes melalui Sekretaris Diskes,H. Ahmad Yusuf,SH, Jumat (7/7) di Bagansiapiapi.

Lanjutnya,Saat ini, Rokan Hilir sudah menyiapkan 3 unit RTK di tiga Kecamatan. Yang pertama RTK "Buah Hati" di Kecamatan Bagan Senembah, yang kedua RTK "Sayang Omak" di Kecamatan Pasir Limau Kapas dan ketiga akan segera diresmikan RTK di Kecamatan Bangko," Ungkap Ahmad.

Dijelaskannya bahwa program Jampersal ini sasarannya memberikan jaminan kepada masyarakat yang tidak memiliki jaminan kesehatan lainnya bagi ibu hamil, ibu melahirkan dan nifas serta bayi yang baru lahir dengan resiko tinggi.

"Rumah tunggu memiliki fasilitas tempat tidur, dapur dan kamar mandi dimana ibu-ibu yang akan melahirkan bisa tinggal sampai selesai persalinan. Biasanya mereka ditemani anggota keluarga selama menunggu atau pendamping dan mereka juga diberi makan. Untuk semua pembiayaannya gratis, karena sudah ditanggung pemerintah," Jelasnya.

Ahmad mengharapkan dengan berjalannya program pemerintah ini, dapat menekan angka kematian ibu dan bayi. (rls)